Merawat Dan Pupuk Untuk Anggur Dalam Pot

Jika bibit anggur yang kita pilih sudah memiliki verietas yang unggul,maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan serta pemupuk kan untuk mendongkrak pertumbuhan batang-daun serta buah anggur tersebut supaya sesuai keinginan kita.

Merawat dan pupuk untuk anggur dalam pot yang paling bagus bisa menggunakan pupuk jenis NPK jika bibit anggur tersebut sudah memiliki umur 4 bulan.Pemupukan di lakukan setiap 15 hari sekali secukupnya,jangan terlalu banyak dan jangan sampai kekurangan,untuk media pot,bisa menggunakan takaran 2 sendok makan NPK.

Advertisement

Tanpa melakukan pemupukan,ibarat makan tanpa menggunakan Garam,ya itu pepatahnya,karena tanaman anggur sangat membutuhkan kandungan Pupuk organik untuk menyuplai kebutuhan buahnya.Merawat Dan Pupuk Untuk Anggur Dalam Pot

Selain melakukan pemupukan,pemangkasan juga berperan penting untu kelanjutan hidup anggur tersebut.tujuan pemangkasan sendiri untuk memberikan tunas baru yang lebih banyak agar buah yang di hasilkan nantinya juga lebat.

Advertisement

Pemangkasan anggur bisa kita lakukan ketika bibit tersebut sudah berusia 8 bulan.yang pastinya,jika batang anggur sudah menginjak 1 meter,kita wajib untuk melakukan pemangkasan pada batang anggur tersebut.

Nantinya,setelah melakukan pemngkasan,akan di timbulkan tunas serta cabang batang baru yang lebih banyak.ingat,saat melakukan pemangkasan batang anggur,jangan semua di potong,kita bisa menyisahkan 3 batang yang kita anggap memiliki ciri batang sehat yang akan lebih memperkuat perakaran anggur tersebut.

Pada tahap selanjutnya,untuk melakukan pemangkasan buah anggur bisa kita lakukan saat anggur tersebut akan mengeluarkan buah,sekitar umur satu tahun.untuk membuat anggur menjadi lebat,saat melakukan buah pertama,lakukan pengundulan pada daun,tak lama kemudian,sekitar 20 hari,akan muncul tunas daun baru yang memiliki sulur.

Dari tunas daun sulur baru inilah nantinya anggur akan mengeluarkan bunga dan selanjutnya akan berbuah lebat.

selain pemangkasan,Repotting juga di butuhkan setelah anggur berusia 4 tahun setelah di tanam.Repotting sendiri adalah mengganti media tanam dalam pot tersebut.cara melakukan pergantian media tanam anggur yaitu kita basahi terlebih dahulu pot tersebut sampai benar-benar basah,lalu kita tarik batang anggur.

Usahakan semua akar ikut tercabut.namun jika ada akar yang terlalu panjang,bisa kita lakukan pemotongan separo.setelah itu,ganti media tanam anggur tersebut,lalu tanam kembali seperti sedia kala..

Mungkin itu saja tulisan kali ini.semoga bisa bermanfaat untuk anda yang selama ini kesulitan untuk melakukan budidaya anggur dalam pot ini..salam.

Advertisement
Merawat Dan Pupuk Untuk Anggur Dalam Pot | admin | 4.5