Mengoptimalkan Lahan Sempit Untuk Bertanam Sayur Rumahan

Mengoptimalkan Lahan Sempit Untuk Bertanam Sayur Rumahan – Apabila kita mendengar kata sayuran, maka sudah tidak asing lagi ditelinga kita. sayuran sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat di bumi ini.

Karena sayuran berperan penting dalam pemenuhan gizi manusia. Maka dari itulah, kebutuhan akan sayur semakin meningkat di kalangan masyarakat.

Advertisement

Zaman modern sekarang ini, tentu semua orang selalu ingin hidup serba praktis. Sama halnya jika ingin mengonsumsi sayuran. Sebagian masyarakat bukan tidak mau menanam sendiri berbagai jenis sayuran, tetapi karena faktor keterbatasan lahan itulah yang membuat masyarakat tidak mau menanam sayur.

Kalau kita hidup di pedesaan, maka masyarakatnya akan menanam sayur sendiri di pekarangan rumah mereka. Karena di desa sangat banyak pekarangan yang kosong. Beda halnya jika di kota, Orang kota maunya serba beli. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan lahan kosong.Mengoptimalkan Lahan Sempit Untuk Bertanam Sayur Rumahan

Pada zaman sekarang ini, banyak masyarakat kota yang sangat tertarik untuk menanam sendiri sayuran di pekarangan rumah mereka. Maka dari itu, disini akan dijelaskan bagaimana cara memanfaatkan lahan yang sempit untuk menanam sayuran.Tulisan terkait Cara Menanam Wortel Pot Polybag Rumahan

Mengoptimalkan Lahan Sempit Untuk Bertanam Sayur Rumahan

Kendala dalam budidaya sayuran adalah keberadaan lahan pertanian yang sempit. Maka dari itu, sangat dibutuhkan suatu terobosan agar dapat melakukan usaha budidaya tanaman di lahan yang sempit.

Membudidayakan sayuran di lahan yang sempit di sekitar rumah dapat dilakukan dengan lebih sederhana, yaitu dengan menggunakan media tanam seperti hidroponik. Sistem penanamannya dapat dilakukan dengan menggunakan rak-rak bersaf dan juga dengan cara vertikultur.

Advertisement

Berikut beberapa kiat yang harus dilakukan saat bertanam sayuran di lahan sempit:

  • Sebaiknya memilih jenis sayuran yang harga jualnya cukup mahal. Sayuran merupakan komoditas unggulan yang mempunyai harga jual cukup tinggi. Selain mempunyai harga jual yang cukup tinggi, permintaan pasarnya pun sangat tinggi, dikarenakan sayuran merupakan kebutuhan sehari-hari.
  • Pilihlah jenis sayuran yang masa panennya terbilang cepat. Budidaya sayuran memang sangat menguntungkan sekali. Selain harganya lumayan tinggi, masa panennya pun cukup singkat. Beda halnya jika budidaya buah jambu atau budidaya buah mangga yang waktu panennya butuh waktu yang cukup lama.
  • Pilihlah jenis sayuran yang tahan terhadap organisme pengganggu tanaman. Memang sangat sulit sekali menentukan jenis sayuran apa yang tahan terhadap hama dan penyakit. Karena jika kita melakukan budidaya sayuran, hal yang sangat jelas terjadi adalah sayuran akan terserang hama dan penyakit. Tetapi tidak perlu khawatir, karena jika sayuran  terserang hama dan penyakit, kita dapat menyemprotkan sayuran yang terkena hama menggunakan pestisida.
  • Dan pilihlah lingkungan yang aman dan lebih bagus jika lahan dekat dengan sumber air. Lahan yang aman sangat diperlukan saat ingin membudidayakan sayuran. Selain itu lahan seharusnya dekat dengan air, agar tidak repot saat akan menyiram sayuran yang akan ditanam.

Sebenarnya bertanam sayur di sekitar pekarangan rumah hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga, seperti kebutuhan gizi.

Tetapi dengan berkembangnya zaman, budidaya sayur bukan hanya untuk memenuhi gizi keluarga saja, melainkan sebagai wadah penyalur hobi ibu-ibu rumah tangga.

Kegiatan budidaya sayuran ini sebenarnya sangat bermanfaat sekali, terutama apabila kebutuhan rempah ataupun kebutuhan akan sayuran tiba-tiba terdesak.demikian Mengoptimalkan Lahan Sempit Untuk Bertanam Sayur Rumahan semoga bisa berguna dan membantu..Baca juga Cara Menanam seledri Pot Polybag Rumahan

Advertisement
Mengoptimalkan Lahan Sempit Untuk Bertanam Sayur Rumahan | penulis penulis | 4.5