Mengendalikan penyakit Pada Bunga Anggrek

Mengendalikan penyakit pada bunga anggrek – Mengendalikan penyakit yang menyerang pada tanaman hias mungkin tidak semudah mengendalikan penyakit yang menyerang pada tanaman buah atau sayuran.

Biasanya jenis penyakit yang menyerang pada tanaman anggrek cattleya ini bisa di atasi dengan cara-cara tertentu.

Advertisement

Pada umumnya, penyakit-penyakit yang menyerang pada tanaman anggrek cattleya ini di sebabkan oleh jamur dan bakteri.Mengendalikan penyakit Pada Bunga Anggrek

Penyakit yang menyerang pada tanaman anggrek cattleya ini juga bisa menyerang karena sudah terinfeksi oleh hama yang menyerang tanaman sebelum penyakit datang.

Penyakit juga bisa datang menyerang di akibatkan oleh lingkungan yang ada di sekitar tanaman tersebut tidak bersih dan tidak terjaga.

Sehingga penyakit mudah masuk pada area penanaman tanaman hias. Di bawah ini merupakan jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang tanaman anggrek cattleya :

Advertisement
  • Bercak bunga
  • Penyakit karat
  • Busuk akar
  • Layu fusarium

Bercak bunga

Penyakit bercak bunga merupakan jenis penyakit yang membahayakan bagi pertumbuhan bunga pada tanaman cattleya.

Bercak daun ini dapat menyebabkan bunga-bunga yang ada pada tanaman menjadi layu dan bisa jadi bunga-bunga yang ada pada tanaman tidak dapat tumbuh lagi.

Penyakit karat

Patogen fungi Uredi sp. itu merupakan jenis fungi yang menyebabkan tanaman terserang penyakit karat. Jika tanaman terserang jenis penyakit ini, maka tanaman tersebut harus di ungsikan ke tempat lain. Jika tidak, penyakit yang ada pada tanaman tersebut akan menular pada tanaman-tanaman lainnya.

Busuk akar

Penyakit busuk akar merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi tanaman anggrek cattleya. Pasalnya jenis penyakit ini dapat mengakibatkan akar pada tanaman menjadi busuk, sehingga akar tanaman tidak dapat berfungsi lagi. Dan pada akhirnya tanaman anggrek cattleya menjadi mati.

Layu fusarium

Jenis penyakit layu fusarium merupakan jenis penyakit yang sering menyerang pada tanaman cattleya. Tetapi jenis penyakit ini tidak dapat menular pada tanaman lainnya.

Ciri-ciri penyakit ini dapat di lihat dari tanaman tersebut, jika warna tanaman berubah menjadi kekuningan, akar-akar membusuk dan batang serta daun mulai mengering. Jika kita sudah melihat ciri-ciri tersebut pada tanaman anda, maka anda harus segera melakukan pemberantasan.

Advertisement
Mengendalikan penyakit Pada Bunga Anggrek | Penulis | 4.5