Mengendalikan Gulma Dan Hama Tanaman Buah

Mengendalikan Gulma Dan Hama Tanaman Buah – Untuk mempercepat pembuahan dapat di lakukan dengan cara mengedalikan gulma dan hama penyakit pada tanaman buah..

Pengendalian ini memang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Tanpa serangan gulma dan hama, pastinya tanaman akan sangat mudah menghasilkan buah.

Advertisement

Buah yang di hasilkan tanpa adanya gulma dan hama ini pun akan terlihat lebih besar, lebih menarik dan tentunya lebih manis. Tetapi apabila gulma dan hama sudah menyerang, maka buah yang di hasilkan pun berbanding terbalik dengan yang sebelumnya.Mengendalikan Gulma Dan Hama Tanaman Buah

Mengendalikan Gulma Dan Hama Tanaman Buah

Gulma ini merupakan jenis tanaman liar yang kehadirannya sangat mengganggu tanaman yang ada di sekitarnya. Gulma ini memiliki bentuk yang bermacam-macam, seperti cendawan, benalu dan masih banyak lainnya.

Jenis gulma ini bukan hanya dapat merusak tanaman, gulma ini juga dapat menimbulkan penyakit bagi tanaman yang ada di sekitarnya.

Jenis gulma apa pun itu, sebaiknya jangan biarkan hadir pada tanaman. Walaupun gulma tersebut hadir dalam ukuran yang lebih kecil, itu juga dapat menghancurkan tanaman yang ada di sekitarnya. Gulma ini pun sebenarnya juga dapat membuat tanaman menjadi sulit untuk berbuah.

Kehadiran gulma ini memang sangat merugikan bagi siapa pun yang memiliki tanaman. Berbagai macam cara pun pasti akan di lakukan untuk menghindari agar gulma ini tidak timbul pada tanaman yang lain. Untuk tanaman buah musiman, kita dapat melakukannya dengan memasang mulsa pelastik pada tanaman tersebut.

Advertisement

Tetapi untuk bukan tanaman semusim, kita dapat melakukan pengendalian gulma dengan cara melakukan penyemprotan secara rutin pada area sekitar penanaman. Bukan hanya penyemprotan, penyiangan juga harus di lakukan agar gulma tercabut dengan akarnya.

Hama dan cara pengendaliannya

Bukan hanya gulma yang dapat menghancurkan tanaman. Hama ini juga dapat membuat tanaman menjadi gagal panen, bahkan tanaman tersebut dapat menjadi mati akibat hama yang menyerang tanaman tersebut.

Hama yang menyerang pada tanaman pun bermacam-macam, jika anda ingin mengetahui macam-macam hama tersebut, anda bisa melihatnya di bawah ini :

Kutu daun

Seperti namanya, hama yang berupa kutu daun ini dapat menyebabkan daun tanaman menjadi rusak dan bahkan layu.

Kutu daun yang di maksud tersebut seperti semut dan ulat. Rusaknya daun memang dapat membuat tanaman akan sangat sulit untuk berbuah. Maka dari itu, jika kutu daun menyerang maka kita harus memangkasnya secara teratur.

Nematoda

Yang di maksud dengan nematoda ini ialah sejenis hama yang berupa cacing. Nematoda ini dapat menyerang bagian akar tanaman, jika akar tanaman rusak, maka akan berdampak buruk terhadap tanaman. Bukan hanya itu saja, pembuahan juga akan menjadi lambat akibat hama nematoda ini.

Tungau

Hama yang bernama tungau ini merupakan sejenis laba-laba yang menyerang kulit buah pada tanaman. Tungau ini akan sulit di hilangkan dengan cara manual. Artinya, tungau ini hanya dapat di hilangan dengan menggunakan cairan pestisida dan sejenisnya.

Demikian tulisan tentang Mengendalikan Gulma Dan Hama Tanaman Buah semoga berguna dan bermanfaat…salam..

Advertisement
Mengendalikan Gulma Dan Hama Tanaman Buah | penulis penulis | 4.5