Mengenal Karakter Tanaman Hias Anggrek Cattleya

Mengenal karakter tanaman hias anggrek cattleya – Sebelum kita melakukan penanaman pada tanaman hias jenis anggrek cattleya ini, kita perlu mengenal karakteristik pada tanaman cattleya ini.

Pada saat ini kita akan membahas tentang karakteristik pada batang dan akar tanaman cattleya. Jika anda ingin mengetahuinya lihat lah di bawah ini :Mengenal Karakter Tanaman Hias Anggrek Cattleya

Advertisement

Struktur Batang Anggrek Cattleya

Batang yang di miliki pada tanaman cattleya ini, tentunya sangat berbeda dengan batang-batang tanaman pada umumnya. Karena batang dari tanaman cattleya ini termasuk anggrek simpodial yaitu tanaman yang terdiri dari umbi semu.

Batang pada tanaman cattleya ini, biasanya memiliki ukuran yang sama, mulai dari batang yang tua hingga yang muda, semua memiliki batang yang berukuran sama panjang.

Advertisement

Jangan lakukan penyiraman pada tanaman cattleya ini secara berlebihan. Agar batang pada tanaman cattleya ini tidak mudah rusak saat proses penanaman, jika tanaman ini terkena siraman air yang banyak maka batang dari tanaman cattleya ini bisa membusuk dengan waktu yang sangat singkat.

Maka dari itu saat melakukan proses penanaman, sebaiknya kita mengurangi kadar air pada tanaman jenis ini.

Pada batang tanaman cattleya ini, ada yang di sebut dengan nama pseudobulb. Pseudobulb tersebut merupakan tempat penyimpanan makanan pada tanaman.

Jika persediaan makanan telah habis, seperti musim kemarau, tanaman bisa mendapatkan cadangan makanan yang berasal dari psedobulb ini.

Sistem Akar Bunga anggrek Cattleya

Selain batang, kita juga perlu mengenali karakteristik dari akar pada tanaman anggrek cattleya. Tanaman ini ternyata memiliki bentuk akar yang unik dan panjang. Akar dari tanaman ini juga memiliki beberapa lapisan sel yang berongga dan transparan.

Biasanya pada saat dilakukannya penyiraman, air sangat mudah sekali meresap ke dalam akar tanaman. Sehingga air yang di siram tidak mengalir ke luar pot tanaman.

Sebenarnya tanaman anggrek cattleya ini tidak menempelkan cabang-cabang akarnya pada benda-benda yang berada di sekitarnya.

Jika ingin memelihara jenis tanaman anggrek cattleya ini, jangan biarkan tanaman cattleya ini mengering. Karena akar tanaman akan mudah rapuh jika tanaman ini mengering dengan jangka waktu yang cukup lama.

Akar-akar tanaman yang sudah tua, akan menghilang dengan sendirinya dan secara otomatis dapat terganti dengan akar yag baru.

Advertisement
Mengenal Karakter Tanaman Hias Anggrek Cattleya | Penulis | 4.5