Mengatasi Penyakit Buah Rambutan Dalam Pot

Mengatasi penyakit buah rambutan dalam pot dengan cepat dan tidak menimbulkan kerusakan pada tanaman rambutan tersebut.banyak orang yang mengeluhkan jika tanaman buah rambutan pot nya terserang berbagai jenis macam penyakit.

Namun ia sendiri kebingungan bagaimana cara mengatasi penyakit buah rambutan dalam pot dengan cepat agar tidak menjalar merusak bagian daun,buah dan batangnya.

Advertisement

Jenis penyakit buah rambutan yang kita tanam dalam pot sangat beragam,banyaknya penyakit ini,cara mengatasi serta penanganan juga berbeda sesuai gejala penyakit yang menyerang buah rambutan tersebut.

Sebelum melakukan pengobatan pada tanaman buah rambutan yang terserang penyakit,alangkah baiknya jika anda ketahui terlebih dahulu,gejala yang di timbulkan dan bagai mana cara mengatasi dengan benar.Mengatasi Penyakit Buah Rambutan Dalam Pot

Berikut cara mengatasi panyakit buah rambutan dalam pot serta gejala yang di timbulkan.

Embun Putih tepung.

Jika tanaman rambutan pot terserang jenis ini,gejala yang di timbulkan akan terdapat bercak putih pada bagian daunnya.Cara mengatasinya bisa kita lakukan sebagai berikut.

  1. Potong batang dan dan daun yang terserang embun tepung ini,lalu membuangnya.
  2. semprot dengan menggunakan larutan pestisida yang bisa menggunakan Benlate.

Jamur upas.

Selain embun tepung,tanaman rambutan sering juga terserang penyakit jamur upas ini.ciri serta gejala yang di timbulkan bisa kita lihat dengan adanya cabang serta ranting rambutan tersebut layu dan kering.pada bagian ranting,banyak bersarang laba-laba atau sarang cendawan..Cara mengatasi sebagai berikut.

Advertisement
  1. Lakukan pemangkasan pada batang dan daun yang terserang penyakit ini.
  2. lakukan penyemprotan dengan larutan fungisida yang bisa menggunakan Benomil atau benlate.

Benang Putih.

Panyakit benang putih pada tanaman rambutan bisa kita lihat bentuk serta gejala yang di timbulkan dengan adanya bagian daun dan ranting rambutan terdapat banyak benang putih,banyak daun rontok yang mengantung di jaring benang tersebut.cara mengatasi seperti di bawah ini.

  1. Lakukan pemotongan pada batang yang terinveksi.
  2. Semprot tanaman tersebut menggunakan larutan fungisida yang bisa menggunakan benlate atau menggunakan Cupravit sesuai dosis dalam isi kemasannya.

Busuk Buah.

jenis penyakit ini bisa kita tandai jika tanaman rambutan mengalami gejala dan ciri buah muda atau buah rambutan yang masih kecil berubah warna menjadi hitam dan rontok.cara mengatasi hal ini seperti di bawah.

  1. Lakukan pemangkasan atau pembuangan buah yang terdeteksi terserang penyakit ini agar tak menulari buah lainya.
  2. lakukan penyemprotan dengan menggunakan larutan Fungisida seperti Karbendazin dengan dosis sesuai isi kemasannya.

Kanker batang.

Ciri serta gejala yang di timbulkan tanaman buah rambutan yang terserang jenis penyakit ini bisa kita lihat dan tandai adanya batang atau kulit rambutan banyak terdapat bintik kudis.cara mengatasi sebagai berikut.

  1. Mengerok atau memotong kulit batang rambutan di bagian yang terserang penyakit ini.
  2. bisa menggunakan larutan deterjen berupa karbol yang kita gosok pada bagian yang terinfeksi penyakit pada batang tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampikan untuk sore hari ini.semoga ada gunanya dan bisa mengobati rasa penasaran anda terhadap tanaman rambutan anda agar cepat mendapatkan penanggulangan cepat..

 

Advertisement
Mengatasi Penyakit Buah Rambutan Dalam Pot | admin | 4.5