Memperbanyak Bunga Keladi Hias Dengan Mencacah Umbi

Cara memperbanyak bunga keladi berjenis keladi hias hanya bisa kita lakukan dengan satu cara.yatu dengan memperbanyak anakan dengan umbinya.Pada umumnya bunga keladi yang sudah tua akan memiliki umbi yang besar dan akan bermunculan anakan di sekitarnya.

Memperbanyak bunga keladi hias dengan mencacah umbi bisa kita lakukan dengan cara memotong-motong umbi keladi tersebut menjadi kecil yang telah memiliki tunas.Bunga keladi 2 tahun terahir ini banyak di gandrungi ibuk rumah tangga ataupun anak gadis perempuan yang suka mengoleksi jenis tanaman keladi hias.selain memiliki harga yang sangat terjangkau,bunga keladi ini juga memiliki keunikan serta pamor yang luar biasa.

Advertisement

jika di lihat dari sisi kelebihanya yang indah dan daunya yang prospektik,bunga keladi juga memiliki sedikit kekurangan,yaitu pada saat musin kemarau tiba,jenis bunga keladi ini umumnya akan mengalami dormonasi atau kelayuan,kering bahkan terlihat mati.Memperbanyak Bunga Keladi Hias Dengan Mencacah Umbi

Namun sebenarnya tanaman keladi tersebut masih tetap hidup.kerena memiliki umbi yang akan bertunas kembali jika stok air tercukupi.maka dari itu,jika di rumah anda memiliki koleksi bunga jenis keladi,lakukan penyiraman secara rutin setiap hari.

Perlu di ketahui juga,pastikan media tanamnya juga banyak yang mengandung dan bisa menyimpan air.dengan demikian,bunga keladi akan tetap seger sepanjang waktu,tidak kenal musim.

Advertisement

Cukup mudah untuk kita memperbanyak bunga keladi ini.jika keladi yang sudah tua,memiliki umbi yang relatif besar,tanaman tersebut sudah bisa kita perbanyak untuk di jadikan anakan.nah,jika umbi terlalu besar,kita bisa memotongnya kecil-kecil dengan potongan yang memiliki tunas.biasanya dalam waktu satu bulan,tunas umbi tunas yang kita semai sudah akan mengelurkan daun mudanya.

Berikut cara Memperbanyak Dengan Umbi.Umbi keladi hias

  1. Cari bunga keladi yang memiliki umbi besar dan sudah tua.
  2. cacah atau potong umbi tersebut dengan menyisakan tunasnya.
  3. Setelah di potong,masukan dalam air selama 1 menit.
  4. Lalu olesi atau celupkan potongan umbi tersebut dengan menggunakan pestisida.
  5. selanjutnya potongan umbi bunga keladi tersebut sudah bisa kita tanaman di dalam pot.
  6. Media tanaman yang kita gunakan adalah arang dan sekam bakar.
  7. Sungkup atau tutup pot tersebut dengan media plastik bening trasparan.hal ini untuk mengurangi agar tidak terlalu banyak penguapan.
  8. Kira-kira setelah satu bulan,sungkup plastik sudah bisa kita buka,dan potongan umbi sudah mengeluarkan tunas dan daun mudanya.

Tips.

Untuk melakukan penyiram umbi.sebaiknya lakukan penyiram 4 hari sekali saja.tidak bagus terlalu banyak air kususnya tanaman keladi yang masih muda.hal ini juga untuk menjaga kebusukan pada umbinya..mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan,semoga bisa bermanfaat…..

Advertisement
Memperbanyak Bunga Keladi Hias Dengan Mencacah Umbi | admin | 4.5