Memilih dan Merawat Bibit Anggrek Unggul

Memilih dan Merawat Bibit Anggrek Unggul – Memilih dan merawat bibit tanaman anggrek, memang sangat di perlukan dalam proses penanaman. Pemilihan bibit yang baik merupakan awal dari proses penanaman tanaman anggrek yang benar. Bibit yang baik bisa di dapatkan di tempat seperti toko tanaman terdekat.

Bibit yang terbaik pada tanaman anggrek ini, dapat menghasilkan kapasitas produksi bunga tinggi dengan bentuk bunga yang menarik, serta warna-warna yang bermacam-macam.

Advertisement

Bukan itu saja, batang dan akar dari tanaman tidak mudah lapuk, dan bunga yang ada pada tanaman ini pun tidak mudah rontok.Struktur Tanaman Anggrek Berkualitas Unggul

Memilih dan Merawat Bibit Anggrek Unggul

Sebenarnya semua jenis bibit itu sama saja, hanya tergantung pada proses penanamannya. Jika bibit tanaman tersebut bagus, tetapi tidak di lakukan perawatan dengan baik, maka itu akan terlihat sama saja.

Baca Juga: Struktur Tanaman Anggrek Berkualitas Unggul

Tetapi berikut ini merupakan salah satu bibit tanaman anggrek yang terkenal cukup baik, bibit yang di maksud tersebut ialah bibit dalam botol. Jika ingin mengetahuinya, lihat lah di bawah ini :

Bibit anggrek dalam botol

Bibit ini memang di kenal sangat bagus dan unggul. Karena jenis bibit ini di letakkan di dalam botol yang bersih, sehingga tak ada hama atau pun penyakit yang menyerang bibit tanaman tersebut.

Bibit yang terdapat di dalam botol ini sudah jelas keunggulannya. Karena jenis bibitnya di dapat dari hasil silangan tanaman anggrek yang sudah pasti keunggulannya.

Memilih bibit anggrek plantlet

Advertisement

Memilih plantlet memang sangat di anjurkan bagi seseorang dalam melakukan penanaman anggrek. Pemilihan plantlet yang baik, akan sangat berguna untuk proses penanaman nantinya. Jika kita ingin memilih jenis plantlet yang baik, maka kita harus melihat hal-hal yang ada di bawah ini :

Baca Juga: Jenis Anggrek Hibrida Dan Kelebihannya

  • Nama induk harus jelas
  • Identitas penyilang
  • Sudah berkecambah
  • Sumber bibit
  • Teliti dan cermat

Jika kita melihat dan memahami hal-hal tersebut, mungkin kita akan mendapatkan plantlet yang baik. Yang paling penting dalam memilih plantlet ini ialah sumber bibit pada tanaman tersebut. Jika sumber bibitnya tidak jelas, maka tidak akan bagus pula untuk penanaman.

Menyimpan Bibit anggrek plantlet

Setelah kita mendapatkan plantlet sesuai dengan kriteria di atas, selanjutnya kita dapat menyimpan plantlet tersebut di dalam ruangan yang khusus.

Ruangan yang di gunakan untuk melakukan penyimpanan plantlet ini tidak boleh ada celah cahaya sedikit pun agar plantlet yang telah di pilih tersebut tidak mudah rusak.

Selain itu, suhu ruangan harus stabil tidak boleh terlalu panas dan juga tidak boleh terlalu lembab. Karena itu juga akan mempengaruhi perkembangan plantlet nantinya.

Jika proses penyimpanan sudah selesai, selanjutnya plantlet tersebut harus di tanam di tempat yang telah di sediakan sebelumnya.

Baca juga: Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Anggrek

Plantlet ini hanya mampu bertahan di dalam botol tersebut sekitar 8-12 hari saja, maka dari itu jika tidak segera di pindah tanamkan, maka plantlet tersebut akan sulit berkembang lagi.Demikian Memilih dan Merawat Bibit Anggrek Unggul semoga berguna dan bermanfaat..salam

Advertisement
Memilih dan Merawat Bibit Anggrek Unggul | Penulis | 4.5