Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan

Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan – Tanaman Buah melon termasuk tanaman yang tidak memerlukan waktu lama untuk berbuah. Hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 bulanan untuk dapat memetik buah melon yang kita tanaman. Namun, tidak seluruh varietas tanaman melon waktu pembuahannya sama. Semuanya tergantung kepada varietas dari tanaman melon itu sendiri.

Ketika buah sudah muncul, sebaiknya buah melon tersebut harus dirawat dengan baik. Perawatan ini bertujuan agar buah melon yang dihasilkan kualitasnya tetap terjaga. Jika tidak dirawat dengan baik, yang akan terjadi adalah kualitas dari buah melon tersebut akan menurun. Contohnya seperti adanya lubang atau ada kerusakan lainnya yang ada pada buah melon tersebut.

Advertisement

Jika buah melon yang kita hasilkan terdapat begitu banyak kerusakan yang ada di seluruh bagian buah melon, maka buah melon kita tersebut tidak akan bisa bersaing dengan buah melon lainnya yang mungkin lebih berkualitas daripada buah melon kita. Untuk itulah, jagalah dan rawatlah buah melon pada saat baru berbuah hingga pemanenan dilakukan.

Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan

Ketika buah melon baru muncul, kita harus menyeleksi buah. Penyeleksian buah ini bertujuan agar kita mengetahui antara buah melon yang sehat dengan buah melon yang sakit. Penyeleksian buah meliputi penyeleksian buah yang sehat dan sakit serta posisi buah pada ruas batang.Tulisan terkait lain Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula

Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan

Perlu diketahui bahwa buah melon disetiap ruasnya berbeda kualitasnya. Pada ruas keberapakah yang merupakan buah melon berkualitas? Buah melon yang berkualitas terletak di ruas 9-12. Pada ruas inilah kita akan mendapatkan kualitas buah melon yang baik serta ukuran buahnya yang besar.

Pada buah melon yang terletak di ruas 9 kebawah buah melonnya memang berkualitas namun ukuran buahnya cenderung kecil. Sementara untuk buah melon yang terletak diruas 12 keatas, buah melonnya berukuran besar tetapi kualitasnya tidak baik. Ruas 9-12 memang menghasilkan buah yang memiliki kualitas yang tinggi serta ukuran buahnya yang besar.Simak juga Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan

Tahap seleksi Tanaman Buah melon

Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan

Setelah buah melon diseleksi, selanjutnya buah melon tersebut dapat dipelihara. Pemeliharaan buah melon ini sangat menentukan bagaimana buah melon nantinya. Apakah berkualitas atau tidak. Ketika memelihara buah melon, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah buah harus diikat.

Tujuan pengikatan buah ini adalah supaya batang utama tidak patah. Mengingat buah melon ukurannya tidak kecil, maka diperlukan bantuan supaya buahnya dapat bertahan tanpa harus mengalami batang utama yang rusak.

Tidak hanya itu, hama penyakit juga harus diperhatikan. Jangan sampai hama penyakit menyerang buah melon. Jika hama penyakit terlanjur menyerang buah melon, segeralah lakukan pengendalian. Dengan begitu, tidak ada buah yang rusak akibat serangan hama dan penyakit.Jangan lupa baca Juga Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda

Apabila seluruh kegiatan telah dilakukan untuk merawat buah melon, selanjutnya buah melon tersebut dapat dipanen. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara yang baik supaya kualitas dari buah melon tersebut tidak mengurangi sedikit pun.

Advertisement

Cara Benar Menanam Bibit Melon Kualitas Budidaya

Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan

Ketika membuidayakan melon, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Beberapa tahap tersebut diantaranya mempersiapkan lahan, mempersiapkan benih, menyemaikan benih, penanaman, perawatan, pemanenan, dan pasca panen.

Pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas hanyalah penanaman tanaman melon. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menanam tanaman melon, mari simak penjelasan di bawah ini.

Menanam tanaman Buah melon

Sebelum menanam tanaman melon, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan bibit melon. Bibit yang digunakan adalah bibit yang sudah berusia 9-15 hari. Ingatlah, hanya bibit yang sudah berusia 9-15 hari setelah semailah yang bisa ditanam di lahan terbuka. Jika menggunakan bibit yang belum cukup usia, maka bibit tersebut rentan terserang hama dan penyakit.Silahkan di baca dulu Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami

Tidak hanya dilihat dari usianya, bibit yang digunakan untuk ditanam di lapangan kriteria yang sesuai juga dapat dilihat dari beberapa hal. Salah satu contohnya adalah dilihat dari daun bibit. Jika daun bibit sudah mencapai kurang lebih 4 pasang, maka bibit tersebut dapat ditanam di lapangan terbuka.

Mengapa bibit yang digunakan untuk ditanam di lapangan terbuka harus dilihat dari usianya yang sudah mencapai 9-15 hari atau dilihat dari daunnya yang sudah mencapai 4 pasang? Hal tersebut dilakukan supaya bibit nantinya seragam. Jika bibit yang ditanam tidak seragam, maka pemanenan tidak dilakukan dengan bersamaan. Hal ini tentunya akan menyusahkan kita ketika masa pemanenan telah tiba.

Ketika ingin menanam tanaman melon tepatnya sehari sebelum menanam bibit melon, sebaiknya lahan yang digunakan untuk penanaman disiram terlebih dahulu agar lahan tersebut basah. Penyiramannya tepat ditengah-tengah lubang tanam. Setelah disiram, biarkan lahan tersebut hingga keesokan harinya bibit baru bisa ditanam.

Waktu terbaik menanam Bibit Melon

Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan

Pada saat menanam bibit, usahakan menanamnya pada sore hari. Mengapa harus pada sore hari? Mengapa tidak pagi atau siang hari? Hal itu dikarenakan pada sore hari matahari tidak terlalu terik. Bibit melon tidak suka terhadap terik matahari. Apabila terkena sinar matahari yang terik, bibit melon akan stres.Penting di baca juga Khasiat Manfaat Tapak Liman Dan Sidaguri Untuk Pengobatan Herbal

Karena itulah penanaman yang baik dilakukan pada saat sore hari pada saat sinar matahari tidak terlalu terik. Penanaman bibit harus dilakukan dengan membawa media yang lama. Namun, ketika dilepaskan dari polybag, media semai tersebut akan berhamburan. Supaya tidak berhamburan, media sebaiknya disiram terlebih dahulu dengan menggunakan air hingga basah.

Setelah itu, bibit dapat langsung dikeluarkan dari polybagnya dan ditanam di lahan terbuka. Walaupun sudah dipadatkan dengan cara disiram dengan menggunakan air, bukan berarti media semainya tidak mudah berhamburan. Usahakan ketika melepaskan polybag dengan bibit dilakukan dengan hati-hati.

Apabila penanaman telah selesai dilakukan, tahap selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyiram bibit tersebut. Tujuannya agar bibit tersebut tidak terlalu layu. Jaga bibit agar tingkat kelembapannya tidak menurun. Apabila ada tanaman yang mati, usahakan langsung diganti.sekian Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan semoga membantu..Tulisan terkait Lain Sejarah Asal Usul Durian Di Indonesia Dan Kandungan Nutrisnya

Advertisement
Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan | admin | 4.5