Membuat Tanaman Bonsai Dengan Setek Akar

Membuat tanaman bonsai dengan setek akar-Setek akar merupakan jenis perbanyakan dengan menggunakan akar dari tanaman yang akan di jadikan tanaman bonsai. Jenis perbanyakan menggunakan setek akar ini merupakan jenis perbanyakan yang sangat sulit dilakukan.

Jika tidak ahli dibidang ini, sebaiknya jangan melakukan perbanyakan menggunakan setek akar tersebut.

Advertisement

Karena setek akar ini dapat mengganggu sistem pertumbuhan dari tanaman induk tersebut. Jika salah memot0ng akar pada induk tanaman, maka hal yang tidak diinginkan dapat terjadi.Membuat Tanaman Bonsai Dengan Setek Akar

Seperti tanaman induk menjadi layu dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Tetapi jika pandai merawat dan menanamnya, maka hasil akhir dari perbanyakan ini akan bagus.

Untuk melakukan pemotongan akar pada tahap ini harus dilakukan sesuai aturan yang sudah di tentukan, ukuran dan jenis akar yang dipotong harus sudah terpilih.

Tidak bisa sembarangan akar yang dapat dipotong, harus akar yang sehat dan tidak terbebas dari hama. Jika akar tersebut bengkok, berarti akar tersebut tidak bisa untuk dilakukan perbanyakan.

Berikut ini merupakan langkah-langkah pemotongan akar dan cara penanamannya :

Advertisement

Cara Menanam Bonsai Hasil Setek Akar

  • Cara pemotongan akar, yang pertama adalah penentuan pohon yang akan diambil akarnya, kemudian gali tanah yang ada disekeliling pohon tersebut.

  • Kemudian pilih akar yang akan diperbanyak. Pemilihan akar harus lah teliti, jangan sampai kita salah dalam memilih akar tersebut.

  • Setelah akar tersebut diambil, langkah selanjutnya adalah memotong akar tersebut menjadi beberapa bagian, dengan panjang 8 cm. Dalam pemotongan kita harus menggunakan alat gergaji.

  • Setelah semuanya selesai, barulah sediakan wadah untuk penanaman.

  • Lubangi wadah yang akan digunakan untuk penanaman, setek tersebut ditanam dengan cara ditegakkan.Membuat Tanaman Bonsai Dengan Setek Akar

Dalam perbanyakan dengan cara setek akar ini, tanaman tersebut harus selalu lembab. Jangan biarkan tanaman tersebut mengering, dan jangan biarkan tanaman tersebut terkena genangan air.

Jika tanaman tergenang oleh air, maka tanaman tersebut akan mudah terkena hama dan penyakit.

Setelah akar tersebut membesar, hal selanjutnya yang harus kita lakukan ialah pemisahan tunas akar.

Galilah tanah yang ada disekeliling tanaman yang akan dipisahkan tunasnya tersebut. Setelah tergali, lalu ambil tunas tersebut dengan cara hati-hati, agar tidak terjadi kerusakan.

Advertisement
Membuat Tanaman Bonsai Dengan Setek Akar | Penulis | 4.5