Membuat Jamu Herbal Dengan kumis Kucing

Membuat jamu herbal dengan kumis kucing – Kumis kucing merupakan tanaman yang dapat tumbuh liar di mana saja tanpa memikirkan di mana tempat yang akan di singgahinya tersebut. Jenis tanaman ini banyak kita jumpai di tempat-tempat umum, seperti di sekitar pekarangan rumah kita.

Tanaman yang memiliki nama kumis kucing ini juga merupakan jenis tanaman obat. Jenis tanaman kumis kucing ini dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Salah satu penyakit yang dapat di sembuhkan melalui tanaman kumis kucing ini ialah penyakit asam urat.

Advertisement

Walaupun tanaman ini bernama kumis kucing, tetapi bentuk dari tanaman tersebut tidak seperti kumis kucing pada umumnya. Bentuk tanaman ini sama seperti bentuk tanaman biasa saja, tidak ada yang istimewa dari penampilan tanaman kumis kucing ini.’Membuat Jamu Herbal Dengan kumis Kucing

Bentuk Dan Ciri Tanaman Kumis Kucing

Jenis tanaman kumis kucing ini memiliki bentuk tanaman yang kurus dan tinggi. Ketinggiannya pun bervariasi, tergantung dari tingkat keseuburan pada tanah yang di singgahi tanaman kumis kucing. Biasanya tanaman ini memiliki tinggi maksimal 2 meter.

Pada saat ini tanaman kumis kucing, telah di masukkan sebagai jenis-jenis tanaman obat. Karena jenis tanaman kumis kucing ini mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Advertisement

Seperti halnya, mampu mengobati infeksi ginjal, peluruh kencing, mengobati hipertensi dan menurunkan kadar asam urat.

Tetapi tentu saja semuanya membutuhkan proses, dan tentunya akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melakukan pengobatan penyakit tersebut.

Membuat Jamu herbal dengan kumis kucing

Biasanya orang-orang banyak menggunakan daun kumis kucing untuk di jadikan sebagai bahan dasar pengobatan. Tetapi pada saat ini, bunga tanaman kumis kucing juga dapat di jadikan sebagai bahan dasar pengobatan alternatif. Maka dari itu kita dapat memanfaatkan kedua benda tersebut.

Seperti biasanya, jika kita ingin menggunakan tanaman kumis kucing ini menjadi bahan dasar pengobatan. Maka kita harus merebus daun atau bunga tanaman kumis kucing tersebut.

Lalu air rebusan tanaman kumis kucing tersebut dapat di minum secara rutin dan sesuai dengan dosis yang telah di anjurkan sebelumnya.

Khasiat dan manfaat dari tanaman kumis kucing ini bisa langsung terlihat secepatnya, asalkan cara melakukan pengolahannya di lakukan secara baik dan benar.

Tetapi jika ingin tanaman kumis kucing ini di jadikan sebagai obat, maka kita harus memilih jenis tanaman yang masih muda. Karena tanaman yang sudah tua, biasanya sudah banyak terserang hama dan penyakit, sehingga tidak bisa di olah menjadi obat tradisional.

Kandungan senyawa aktif pada tanaman kumis kucing

Seperti yang kita ketahui, bahwa tanaman kumis kucing ini tidak memiliki bentuk tanaman yang istimewa. Tetapi sebenarnya jenis tanaman ini memiliki kandungan senyawa aktif, seperti sapofonin, minyak lemak dan zat samak.

Kandungan senyawa aktif tersebut yang dapat membuat tanaman kumis kucing menjadi lebih berkhasiat dan menjadi bermanfaat bagi seseorang yang menderita berbagai macam penyakit.

Advertisement
Membuat Jamu Herbal Dengan kumis Kucing | Penulis | 4.5