Kunci sukses Dalam Budidaya Buah Melon

Jika mengiginkan tanaman buah melon anda subur dan mampu berbuah dengan sempurna,maka perhatikan kunci sukses dalam budidaya buah melon sesuai judul di atas.yang terpenting,lakukan perawatan secara rutin,pilih bibit yang bagus,lakukan pemupukan sesuai umur buah melon yang akan saya berikan gambaran sedikit seperti di bawah ini.

Jika bisnis tanaman melon ingin mendapatkan keuntungan yang sangat besar tanaman tersebut mesti memenuhi kualitas dan standar yang sesuai dengan para pakar yang telah lama malang melintang di dunia buah melon ini.ulasanya sebagai berikut.Kunci sukses Dalam Budidaya Buah Melon

Advertisement

Pembibitan

Biasanya, bibit yang di gunakan berasal dari bibit yang berkualitas tinggi. Karena semua tanaman dapat tumbuh dengan bagus atau tidak nya itu tergantung dari bibit tersebut. Jika bibitnya bagus dan berkualitas maka buah yang tumbuh nantinya akan cantik sesuai dengan bibit awalnya.

Penetapan varietas sangat penting dilakukan, karena di setiap tempat penjualan, varietas dari buah melon harus di beda-bedakan agar pembeli tidak bosan melihat varietas yang sama berada di pasar yang sama juga. Maka kita harus teliti dengan sistem penetapan varietas ini.

Penetapan lokasi tanaman ini sangat di pentingkan, lokasi merupakan tempat yang mesti di pertimbangkan lebih dalam. Karena lokasi yang bagus itu memiliki ciri-ciri bertanah lempung pasir, dekat dengan sumber pengairan, dan cuaca di tempat tersebut harus benar-benar mendukung.

Advertisement

Tidak boleh terlalu panas, jika terlalu panas akan mengakibatkan tanaman menjadi tidak manis dan memiliki warna buah yang tidak menarik.

Persiapan lahan

Persiapan lahan harus di persiapkan dengan sebaik mungkin dan prima.

Kegiatan ini dilakukan harus dengan tepat agar tanaman dapat hidup dengan teratur. Seperti halnya, tanaman harus memulai tahapan dengan tahapan berikut ini:

Didalam penanaman harus dapat membedakan penempatan bibit, bibit yang kecil dan yang besar harus di bedakan agar mendapatkan keseragaman dalam menanam.

Ukuran bibit harus di kelompokkan menurut jenis dan varietasnya juga. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pemanenannya.

Pemupukan

Pemupukan ini sangat penting dilakukan dalam setiap penanaman. Dikarenakan pemupukan sudah menjadi tradisi saat penanaman berlangsung.

Tanaman sangat membutuhkan air agar tidak menjadi kering dan mati. Pengairan harus dilakukan sesuai dosis anjuran, tidak dilakukan secara sembarangan, jika terlalu banyak air maka tanaman tidak akan tumbuh subur, bahkan tanaman tersebut akan mati secara sia-sia.

Didalam melakukan hal ini, pembuahan dan pemanenan harus melalui uji seleksi untuk di jual di pasaran, buah yang rusak dan tidak layak konsumsi biasanya tidak di buang, tetapi di jadikan pupuk kembali. Dibawah ini adalah tahapan untuk pembuahan dan pemanenan melon yaitu:

  • Seleksi buah
  • Pemeliharaan buah
  • Pengendalian hama dan penyakit
  • panen dan pasca panen.
Advertisement
Kunci sukses Dalam Budidaya Buah Melon | Penulis | 4.5