Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit  – Kelapa sawit merupakan jenis tumbuhan yang banyak di tanam dan juga paling banyak di buru oleh kalangan masyarakat tertentu saja. Tanaman kelapa sawit ini sangat berguna sekali bagi di dalam kehidupan manusia.

Karena tanaman kelapa sawit ini dapat di olah menjadi olahan minyak, sehingga jenis tanaman yang satu ini sangat baik untuk di budi dayakan lebih banyak lagi. Tanaman kelapa sawit juga memiliki beberapa strukur tanaman, seperti batang, daun,buah dan juga akar tanaman.

Advertisement

Jika anda ingin mengetahui beberapa struktur tanaman kelapa sawit, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit

Batang

Untuk jenis batang tanaman kelapa sawit ini biasanya memiliki diameter sekitar 23-86 cm. Untuk ketinggiannya sendiri biasanya dapat berkisar antara 50-72 cm. Ketinggian dari batang tanaman kelapa sawit ini biasanya dapat berubah ubah karena di sebabkan oleh faktor usia.

Semakin tua, maka batang dari tanaman kelapa sawit ini tentunya semakin tinggi dan juga memiliki diameter lebih lebar lagi dari yang sebelumnya.

Daun

Tanaman kelapa sawit ini ternyata juga memiliki bentuk daun yang hampir menyerupai tanaman kelapa. Mulai dari warna daunnya hingga helaian dari setiap daunnya rata-rata memiliki helaian yang serupa dengan tanaman kelapa.

Advertisement

Tetapi untuk jenis tanaman kelapa sawit ini tidak membutuhkan helaian daun yang panjang. Karena jika helaian dari pelepah daun kelapa sawit tersebut semakin panjang, maka populasi kelapa sawit tidak bisa tumbuh lebih banyak lagi.Tulisan terkait Cara Kerja Pemanenan Kelapa Sawit Secara Benar

Untuk itu pelepah daun kelapa sawit harus cenderung lebih pendek agar kelapa sawit dapat tumbuh dengan baik.

Akar

Untuk jenis tanaman yang satu ini biasanya mampu menyerap air lebih banyak. Sehingga tanaman ini mampu bertahan meskipun sedang terjadinya musim kemarau.

Selain itu, jenis tanaman yang satu ini juga termasuk jenis tanaman yang memiliki akar yang merambat.

Selain dari itu, ternyata akar dari tanaman kelapa sawit ini mampu merambat hingga menjelajah lebih dalam lagi.

Bunga

Bukan hanya itu saja, tanaman kelapa sawit ini ternyata juga memiliki bunga. Tetapi bunga pada tanaman kelapa sawit ini jarang di jumpai, dikarenakan bunga tersebut hanya dapat muncul ketika tanaman kelapa sawit hendak mengeluarkan buahnya saja.

Biasanya bunga pada tanaman kelapa sawit ini muncul melalui sela-sela dari daun tanaman kelapa sawit. Sehingga kemunculan bunga ini sangat sulit untuk di lihat dengan jelas.

Buah

Buah dari kelapa sawit merupakan sesuatu yang paling banyak di incar bagi para penanam kelapa sawit ini sendiri. Karena buah kelapa sawit ini dapat di jual dengan harga yang sangat mahal, maka dari itu kelapa sawit ini semakin banyak di cari oleh semua kalangan masyarakat.

Biasanya dalam satu pohon, tanaman kelapa sawit ini mampu mengeluarkan buahnya hingga mencapai 25 tandan.

Inilah beberapa Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit  semoga bisa berguna dan bermanfaat..baca juga Pengendalian Serangan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit

Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit | penulis penulis | 4.5