Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami

Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami  – Tanaman temu hitam dan tempuyung dapat ditemukan dimana saja. Baik itu di pekarangan suatu rumah atau pun di tempat lainnya seperti padang rumput, hutan jati, dan lain sebagainya. Tanaman temu hitam serta tempuyung ini termasuk ke dalam tanaman yang tumbuh liar sehingga dapat tumbuh dimana saja.

Namun, daerah yang dapat ditumbuhi tanaman temu hitam dan tempuyung dengan subur adalah di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 500-600 meter diatas permukaan laut. Di Indonesia sendiri, tanaman temu hitam ini banyak ditemukan di Pulau Jawa,

Advertisement

Sedangkan pulau lainnya seperti Pulau Sumatera dan beberapa pulau lainnya sangat jarang ditemukan temu hitam ini. Bahkan, temu hitam tidak dapat ditemukan di beberapa Pulau di Indonesia.simak juga Cara Budidaya Menanam Terong Pot Polybag

Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami

Tidak hanya di Indonesia saja, temu hitam juga dapat ditemukan di negara lain seperti Kamboja, Burma, Indocina, dan negara lainnya. Bagaimanakah ciri-ciri dari temu hitam? Ciri-ciri dari temu hitam adalah memiliki batang semu yang susunannya seperti kumpulan pelepah daun.

Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami

Kumpulan pelepah daun tersebut akan membentuk rimpang. Rimpangnya berwarna cokelat gelap atau ada juga yang berwarna hijau. Rimpang tersebut merupakan umbi batang dari tanaman temu hitam ini. Rimpang dari temu hitam ini akan mengeluarkan arma yang khas apabila dibelah. Ketika dibelah, akan tampak lingkaran dibagian luarnya.

Namun, pembelahan yang dilakukan terdapat lingkarannya hanya pada rimpang temu hitam yang sudah tua saja. Seperti tanaman lainnya, tanaman temu hitam juga memiliki daun dan bunga. Daun dari tanaman temu hitam merupakan jenis daun tunggal. Daun temu hitam memiliki tangkai yang panjang.

Bentuk dari daun temu hitam adalah bulat tetapi sedikit memanjang. Namun, ada juga yang berbentuk lanset yang ujungnya sedikit runcing. Untuk membedakan antara daun temu hitam dengan daun tanaman lainnya, bisa dilihat dari segi licin atau tidaknya daun. Jika daun tersebut licin, serta memiliki pertulangan yang menyirip, maka itu merupakan daun dari tanaman temu hitam.

Sedangkan bunga dari temu hitam ini termasuk ke dalam bunga majemuk. Bentuknya seperti bulir. Bunga tanaman temu hitam ini termasuk bunga yang dapat mekar. Bunga mekar tidak secara bersamaan. Bunga mekar secara bergiliran. Bergiliran disini maksudnya adalah bunga akan mekar dari kantong daun satu ke kantong daun lainnya. Bunga ini juga memiliki mahkota bunga yang berwarna kuning atau berwarna orange.Tulisan terkait Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula

Manfaat temu hitam Sebagai Pengobatan herbal

Jika dirasa, tanaman temu hitam ini memang memiliki rasa yang sangat pahit dan sangat tajam dilidah. Namun, jika sudah masuk ke dalam tubuh, akan berasa dingin. Tanaman temu hitam memiliki khasiat bagi tubuh kita. Beberapa khasiat dari temu hitam diantaranya adalah sebagai berikut.

Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami

  • Sebagai peluruh kentut.
  • Sebagai obat cacing.
  • Sebagai peluruh dahak.
  • Dapat menurunkan kadar asam urat.
  • Dapat menambah nafsu makan.
  • Dapat membersihkan darah setelah haid.
  • Dan dapat menjadi obat bagi demam berdarah.

Itulah beberapa khasiat dari tanaman temu hitam.

Khasiat Manfaat tempuyung Untuk Pengobatan Herbal

Tempuyung adalah tanaman yang telah lama ditemukan dan dikenal oleh masyarakat. Tanaman yang dengan nama latin Sonchus arvnsis L ini termasuk ke dalam tanaman menahun. Pertumbuhannya secara tegak bukan secara merambat. Di dalam tempuyung mengandung getah.

Advertisement

Tanaman tempuyung dapat ditemukan dimana saja. Baik itu di alam liar maupun di tempat yang memang sengaja dibudidayakan. Secara umum, tanaman tempuyung ini tumbuh di alam liar dengan pencahayaan yang harus cukup. Sinar matahari memang berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup dari tanaman tempuyung ini.

Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami

Tanpa adanya sinar matahari, maka tanaman tempuyung tidak bisa hidup dengan baik. Namun, tanaman tempuyung juga bisa dibudidayakan di tempat yang sedikit tertutup. Tetapi tempatnya jangan terlalu tertutup karena akan menghambat sinar matahari untuk masuk dan mengakibatkan tanaman tempuyung tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Jika di alam liar, tanaman tempuyung ini banyak ditemukan di tebing, tepi saluran air, dan beberapa tempat lainnya yang pastinya terkena sinar matahari secara penuh. Walaupun membutuhkan sinar matahari penuh, namun tanaman tempuyung ini membutuhkan air yang cukup.

Hanya daerah yang banyak hujan sajalah tanaman tempuyung ini tumbuh. Contohnya seperti daerah di Pulau Jawa. Tanaman tempuyung memang banyak ditemukan di Pulau Jawa. Ketinggian tempat yang cocok untuk membudidayakan tanama tempuyung adalah 60-1700 meter diatas permukaan laut.Baca juga Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan

Kandungan senyawa aktif Pada tempuyung

Tanaman tempuyung memang mengandung senyawa aktif. Beberapa ahli telah meneliti tanaman tempuyung dan memang benar bahwa tanaman tempuyung memiliki kandungan senyawa aktif. Beberapa kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalam tanaman tempuyung diantaranya adalah sebagai berikut.

Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami

Di dalam daun tanaman tempuyung mengandung senyawa aktif, diantaranya:

  1. Mengandung silika.
  2. Mengandung magnesium.
  3. Menganung kalium.
  4. Mengandung natrium.
  5. Mengandung flavonoid.
  6. Mengandung taraksasterol.
  7. Menganung asam fenolat.
  8. Serta mengandung inositl.

Di alam akar tanaman tempuyung juga mengandung senyawa aktif, diantaranya:

  1. Mengandung apigenin.
  2. Dan mengandung glukosida.
  3. Mengandung alfalaktuserol.
  4. Mengandung manitol.
  5. Mengandung beta-laktoserol.
  6. Mengandung inositol.
  7. Mengandung kalium.
  8. Mengandung silika.
  9. Mengandung tarak-saterol.
  10. Serta mengandung flavonoid.

Itulah beberapa kandungan senyawa aktif yang ada di dalam tanaman tempuyung.

Khasiat tempuyung Sebagai Jamu pengobatan alami

Tanaman tempuyung memang dikenal sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Orang dahulu menggunakan tempuyung juga sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit karena dahulu belum ada obat-obatan dari medis untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pada umumnya, tempuyung dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan diantarnya adalah sebagai berikut.

  1. Dapat meluruhkan kencing.
  2. apat menghilangkan rasa panas dan racun.
  3. Dapat menghancurkan batu atau litotripik.
  4. apat mengobati darah tinggi.
  5. Dapat menghilangkan bengkak.
  6. Dapat menurunkan kadar asam urat.
  7. Sebagai bat untuk luka bakar.
  8. Sebagai obat wasir.
  9. Dan untuk mengatasi disentri.

Itulah beberapa kandungan senyawa aktif yang ada di dalam tanaman tempuyung.

Perlu diketahui bahwa tanaman tempuyung memiliki rasa yang pahit serta sifatnya dingin jika sudah masuk ke dalam tubuh. Walaupun pahit tapi ingatlah bahwa tanaman tempuyung dapat mengobati berbagai macam penyakit.demikian Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami  semoga bisa membantu..Baca Juga Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda

Advertisement
Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami | admin | 4.5