Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda

Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda – Mungkin belum banyak orang yang mengetahui mengenai tanaman brotowali. Perlu diketahui bahwa brotowali merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Beberapa daerah tersebut seperti Bali, Ambon, dan Jawa.

Tanaman brotowali memiliki nama ilmiah yaitu Tinospora crispa. Mungkin tanaman yang satu ini telah ditemukan sejak dahulu tetapi belum terlalu dikenal. Padahal, tanaman brotowali memiliki  khasiat yang bagus digunakan untuk kesehatan kita. Tanaman yang satu ini tidak perlu ditanam seperti tanaman pada umumnya.

Advertisement

Tetapi tanaman brotowali termasuk tanaman yang tumbuh secara liar. Tanaman brotowali dapat tumbuh liar dimana saja. Baik itu di ladang, di hutan, atau bahkan di halaman rumah kita sendiri. Beruntunglah kita yang memiliki tanaman brotowali di halaman rumah. Sebab tanaman brotowali memiliki khasiatnya.

Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda

Daerah yang dapat ditumbuhi oleh tanaman brotowali adalah daerah yang memiliki ketinggian antara 0-900 meter diatas permukaan laut. Brotowali termasuk tanaman yang tumbuh secara merambat. Untuk ketinggian batangnya bisa mencapai 250 cm. Biasanya akan merambat pada pagar-pagar atau tempat lainnya yang ada rambatan nya.Simak Juga Membuat Ramuan Herbal Penumpas Asam Urat

Ciri Fisik Tanaman Daun Brotowali

Batang tanaman brotowali sangat kecil. Panjang da besarnya hannya seperti jari kelingking. Batangnya memiliki bagian permukaan yang berbintil-bintil. Selain itu, rasa batangnya sangat pahit. Batang nya inilah yang biasanya digunakan untuk pengobatan.

Seperti tanaman pada umumnya,  tanaman brotowali juga memiliki bunga yang berbentuk seperti tandan semu, ukurannya relatif kecil, dan warna bunganya hijau muda.

Kini, sudah banyak orang yang memperbanyak tanaman brotowali ini karena memang tanaman ini sangat berguna bagi kesehatan kita. Perbanyakan brotowali dapat dilakukan dengan cara setek batang.

Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali

Seperti yang telah disebutkan, tanaman brotowali memiliki khasiat dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Adanya khasiat yang dimiliki oleh tanaman brotowali dikarenakan tanaman brotowali memiliki kandungan senyawa aktif yang ada di dalam batangnya karena batangnya inilah yang akan dijadikan sebagai obat.

Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda

Kandungan senyawa aktif yang ada di dalam batang brotowali diantaranya seperti alkaloid, damar lunak, glikosida pikroretosid, harsa, palmatin, flavonoid, saponin, pati, zat pahit pikroretin, dan berberin. Itulah beberapa kandungan senyawa aktif yang ada di dalam batang brotowali.

Karena mengandung senyawa aktif membuat tanaman brotowali dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan tanaman brotowali adalah asam urat, sakit kuning, meredakan demam, menurunkan kadar gula, dan melancarkan fungsi organ.Baca juga Khasiat Daun Keji Beling Pengobatan Herbal

Tidak hanya itu saja, ternyata tanaman brotowali juga dapat merangsang nafsu makan. Bagian manakah yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit pada tanaman brotowali? Bagian yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit adalah batang brotowali saja.

Rasa dari batang brotowali memang pahit. Namun, khasiat dan manfaat dari batang brotowali tersebut sangatlah besar. Tak heran jika dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Khasiat Manfaat Daun Duduk Muda

Advertisement

Di beberapa daerah, daun duduk juga dikenal dengan sebutan ki congcorang, genteng cangkeng, atau ada juga yang menyebutnya cencen. Daun duduk telah ada sejak dahulu. Dahulu sebelum ada pengobatan medis, daun duduk digunakan untuk mengobati beberapa penyakit dan memang terbukti ampuh dapat mengobati beberapa penyakit.

Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda

Saat ini pun daun duduk masih dijadikan sebagai pengobatan herbal di beberapa daerah terpencil maupun daerah yang sudah berkembang. Lantas, bagaimanakah ciri-ciri dari tanaman daun duduk ini? Ciri-ciri dari tanaman daun duduk adalah sebagai berikut.

  1. Daun duduk merupakan tanaman perdu. Tanaman perdu juga dikenal dengan tanaman semak. Jadi, bentuk dari tanaman daun duduk ini seperti semak.
  2. Tinggi tanaman daun duduk dapat mencapai 300 cm atau bahkan lebih dari itu.
  3. Tanaman daun duduk memiliki batang  yang bentuknya bulat dengan diameter kurang lebih 3 cm.
  4. Permukaan dari batang daun duduk kasar serta percabangannya merupakan jenis percabangan simpodial. Batang simpodial merupakan batang utama yang sulit untuk ditemukan.
  5. Seperti tanaman pada umunya, tanaman daun duduk juga memiliki daun yang merupakan daun tunggal yang tumbuh secara berselang-seling. Bentuk daunnya lanset. Untuk satu helain daun tanaman ini bisa mencapai 11-19 cm serta lebarnya sekitar 3 cm. Ketika masih muda daun tanaman ini berwarna cokelat. Sedangkan ketika sudah tua daunnya akan berubah menjadi berwarna hijau.
  6. Bunga dari tanaman daun duduk bersifat majemuk. Bunga dari tanaman ini tumbuh di ujung batang. Warna daun bunga tanaman ini adalah putih keunguan.
  7. Di dalam buga tanaman daun duduk terdapat buah yang bentuknya seperti polong-polongan. Pada saat masih muda, buahnya akan berwarna hijau. Sedangkan apabila sudah tua, buah dari tanaman bunga duduk akan berubah menjadi berwarna cokelat.

Itulah beberapa ciri-ciri dari tanaman daun duduk.Tulisan menarik Lain Pengobatan Sariawan Dengan Jeruk Purut

Kandungan senyawa aktif pada daun duduk

Siapa yang menyangka bahwa tanaman daun duduk memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh kita. Mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Orang yang tidak mengetahui ciri-ciri dari tanaman daun duduk pasti mengira bahwa daun duduk merupakan semak. Mengapa begitu? Karena tanaman daun duduk ini bentuknya seperti semak.

Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda

Apalagi tumbuh liar bersama dengan semak-semak lainnya. Padahal tanaman tersebut adalah tanaman duun duduk yang memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh kita. Khasiat tersebut ada karena di dalam daun duduk terdapat kandungan senyawa aktif pada daun duduk.

Perlu kita ketahui bahwa tanaman daun duduk memiliki kandungan senyawa aktif. Apa-apa saja kandungan senyawa aktif yang ada pada tanaman daun duduk? Kandungan senyawa aktif yang ada pada daun duduk adalah sebagai berikut.

  1. Mengandung tanin.
  2. Mengandung hipaforin.
  3. Mengandung baham penyamak.
  4. Mengandung K2O.
  5. Mengandung alkaloid.
  6. Mengandungtrigonelin.
  7. dan mengandung asam silikat.

Itulah beberapa kandungan senyawa aktif yang ada daun duduk.

Khasiat dari tanaman daun duduk adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan nafsu makan.
  2. Mengobati disentri, infeksi cacing tambang dan cacing pita.
  3. Megobati emam.
  4. Mengatasi radag ginjal akut dan radang usus.
  5. Dan mengobati asam urat.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan sore kali ini mengenai Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda semoga saja bisa berguna dan membantu bagi anda yang sedang mencari manfaat tanaman brotowali dan manfaat daun duduk muda..Tulisan terkait Lain Pengobatan Jerawat Dengan Jeruk Purut

Advertisement
Khasiat Manfaat Tanaman Brotowali Dan Daun Duduk Muda | admin | 4.5