Kebutuhan Unsur Hara Pada Tanaman Kelapa Sawit Muda

Kebutuhan Unsur Hara Pada Tanaman Kelapa Sawit Muda – Seperti jenis tanaman pada umumnya, tanaman kelapa sawit ini juga memerlukan kebutuhan unsur hara untuk dapat bertahan hidup dengan kondisi yang sangat baik.

Bukan hanya itu saja, kebutuhan unsur hara ini juga akan mempengaruhi terhadap hasil dari kelapa sawit nantinya.

Advertisement

Agar unsur hara tetap ada di dalam tanah tempat kita melakukan penanaman, maka ada baiknya jika kita rutin dalam melakukan pemberian pupuk terhadap tanaman tersebut.

Jika pemupukan di lakukan secara tepat, maka hasil yang di peroleh untuk tanaman kelapa sawit ini tentunya akan maksimal.

Jika pemupukan di lakukan dengan cara yang tidak tepat, maka tentunya akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi si petani kelapa sawit.

Kebutuhan Unsur Hara Pada Tanaman Kelapa Sawit Muda

Kekurangan pupuk tentunya akan berakibat pada unsur hara, sehingga tanaman kelapa sawit akan mudah rusak.

Kebutuhan Unsur Hara Pada Tanaman Kelapa Sawit Muda

Tanaman kelapa sawit yang mengalami kekurangan unsur hara akan terlihat rusak. Berikut ini merupakan unsur hara yang di perlukan dan gejala yang di timbulkan akibat dari kekurangan unsur hara. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Magnesium

Untuk ciri-ciri tanaman kelapa sawit yang mengalami kekurangan unsur hara magnesium, biasanya memiliki daun yang menguning. Penguningan tersebut biasanya paling banyak terjadi pada bagian daun yang masih muda.

Jika ini semakin berlanjut, maka daun yang terdapat pada tanaman kelapa sawit akan mengalami kekeringan dan berakhir dengan kematian.

Advertisement

Fosfor

Selain itu, kekurangan unsur hara yang satu ini juga akan mengakibatkan daun pada tanaman kelapa sawit akan sangat mudah untuk memendek.

Selain itu, batang dan juga tandan pada tanaman kelapa sawit juga tidak akan tumbuh besar, alias semakin mengecil.Baca juga Pengendalian Serangan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit

Sehingga untuk kebutuhan unsur hara yang satu ini harus di penuhi, agar tidak terjadinya kerusakan pada tanaman kelapa sawit.

Boron

Jika daun pada tanaman kelapa sawit mulai mengeriting dan bagian ujung daun mulai memendek, maka itu artinya tanaman kelapa sawit mulai kekurangan unsur hara. Sehingga kebutuhan unsur hara nya harus segera di penuhi.

Nitrogen

Bukan hanya itu saja, kekurangan unsur hara yang selanjutnya dapat menyebabkan daun pada tanaman kelapa sawit akan mengalami kekuningan dan pucat. Selain itu, daun tanaman kelapa sawit akan pendek dan mengeras.

Kalium

Untuk kalium ini sendiri, biasanya dapat mengakibatkan daun pada tanaman kelapa sawit akan mengalami bercak berwarna kuning. Bercak kuning ini hanya akan hilang apabila kebutuhan unsur hara sudah terpenuhi, kususnya kalium.

Dari beberapa jenis unsur hara tersebut, sebaiknya harus terpenuhi dengan baik agar tanaman kelapa sawit dapat menghasilkan buah kelapa sawit yang berkualitas.

Begitu pun sebaliknya, jika unsur hara tidak terpenuhi, maka kerugian besar akan di alami oleh para petani budidaya kelapa sawit.Demikian Kebutuhan Unsur Hara Pada Tanaman Kelapa Sawit Muda semoga bisa membantu dan bermanfaat..Baca juga Cara Kerja Pemanenan Kelapa Sawit Secara Benar

Advertisement
Kebutuhan Unsur Hara Pada Tanaman Kelapa Sawit Muda | penulis penulis | 4.5