Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Daun Tanaman

Selain hama yang kusus menyerang daun tanaman baik buah dan tanaman hias,ada juga jenis penyakit yang mampu melumpuhkan tanaman kususnya menyerang bagian daun.jenis penyakit yang sering menyerang daun tanaman yang sering kita jumpai berupa sebuah bakteri atau virus.

Bakteri yang menyerang tanaman buah dapat menyebabkan terserang nya penyakit pada tanaman tersebut. Banyaknya virus serta bakteri yang berasal dari hama dapat menyebabkan tanaman menjadi layu dan berujung pada kematian.Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Daun Tanaman

Advertisement

Bakteri yang terdapat dalam tanaman dapat di hilangkan untuk sementara saja, tidak dapat hilang seutuhnya.

Virus yang menyerang pada tanaman, umumnya tidak dapat dilihat menggunakan mata biasa, harus di lihat dengan kaca pembesar. Jika di perhatikan dengan teliti menggunakan kaca pembesar, virus yang menyerang hama tersebut akan kelihatan besar dan hidup berkembang.

Jika tidak segera di atasi maka akan merusak semua jenis tanaman yang ada, sehingga dapat menimbulkan serangan penyakit.

Busuk buah

Hama yang menyebabkan terjadinya busuk buah biasanya berasal dari hama yang menyerang pada waktu terjadinya musim penghujanan.

Advertisement

Busuk buah dapat di atasi dengan cara memangkas sedikit batang yang terlihat sudah menguning dan layu agar tidak menjalar ke bagian tanaman lainnya, terutama bagian buah. Jika sudah cukup parah hama tersebut menyerang, maka tanaman harus di cabut sampai akar yang paling dalam.

Busuk pangkal batang

Pembusukan yang terjadi pada pangkal batang, biasanya disebabkan oleh bakteri yang telah lama bersarang pada batang tersebut, yang lama kelamaan menjadi menyebar luas sehingga pangkal batang mengalami pembusukan.

Jika telah terjadinya pembusukan, maka dengan terpaksa batang tersebut akan di potong, agar tidak menjalar ke tanaman lainnya.

Bercak daun bersudut

Penyakit yang menyebabkan bercak daun bersudut ini tidak membahayakan bagi tanaman melon, hanya saja bercak ini dapat menimbulkan warna daun menjadi berubah.

Penyebabnya masih sama, yaitu hama dan bakteri, Pengendalian bercak daun bersudut ini dapat di tangani dengan menyemprotkan pestisida denga cairan bakterisida dan dapat menyampurkan ke dua cairan tersebut sesuai dosis yang telah di tentukan.

Setelah dilakukannya penyemprotan, di usahakan daun tidak terkena sinar matahari secara langsung dahulu. Agar proses penyemprotan berjalan dengan baik.

Antraknosa

Ini merupakan penyakit yang sering terjadi pada tanaman melon, yaitu pembusukan pada daun, batang, buah, bunga dan akar. Jenis penyakit seperti ini dapat membahayakan tanaman melon, karena pembusukan yang terjadi dapat menyebabkan penularan pada tanaman yang berada di sebelahnya.

Advertisement
Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Daun Tanaman | Penulis | 4.5