Jenis Penyakit Pada Segala Tanaman Cabai

Jenis penyakit pada segala jenis tanaman cabai – Selain hama, penyakit juga dapat menyerang tanaman cabai. Jenis penyakit yang menyerang ini pun bermacam-macam, dan tingkat kematiannya pun bermacam-macam pula. Dalam hal penyerangan, penyakit dan hama tidak jauh berbeda.

Tetapi penyakit ini hanya dapat di sembuhkan dengan cara melihat jenis penyakit yang menyerang pada tanaman tersebut. Jangan sampai penyakit yang menyerang tanaman berkembang pesat, hingga dapat menimbulkan penularan bagi tanaman lainnya.Jenis Penyakit Pada Segala Tanaman Cabai

Advertisement

Berikut jenis penyakit pada tanaman cabai

Berikut ini merupakan jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang tanaman cabai. Jika ingin mengetahuinya, lihat lah di bawah ini :

  • Layu bakteri

Jenis penyakit ini sering menyerang tanaman cabai, jika penyakit ini mulai menyerang tanaman. Maka tanda-tandanya dapat berupa seperti, tanaman akan terlihat seperti terbakar.

Jenis penyakit ini jarang ada penawarnya, agar penyakit layu bakteri ini tidak menulari tanaman lainnya, maka kita harus mencabut tanaman tersebut dan menggantinya dengan tanaman yang baru.

  • Bercak bakteri

Penyakit bercak bakteri ini sering menyerang pada bagian buah tanaman. Buah tersebut akan terlihat seperti bintik-bintik. Bintik-bintik tersebut, dapat membuat buah yang berasal dari tanaman tersebut tidak dapat di makan lagi, alias buah sudah teracuni.

Advertisement

Jika tanaman sudah terlanjur terserang penyakit ini, maka kita harus membasminya, agar bintik-bintik yang ada pada buah tanaman tersebut tidak menular pada buah tanaman lainnya.

  • Penyakit virus

Kebanyakan jenis penyakit ini sering menyerang tanaman cabai pada bagian batangnya terlebih dahulu. Jenis penyakit ini tidak terlalu berbahaya, karena penyerangannya hanya pada bagian batang tanaman saja, jadi masih bisa di perbaiki dengan cara yang telah di tentukan sebelumnya.

  • Penyakit busuk daun

Seperti namanya, penyakit busuk daun ini sering menyerang tanaman pada bagian daun tanaman. Daun yang terserang akan terlihat tampak busuk dan memiliki bercak-bercak.

Agar penyakit busuk daun ini tidak merambat sampai pada permukaan tanaman lainnya. Maka kita dapat melakukan pemangkasan pada batang tanaman tersebut secara teratur.

  • Embun tepung

Jenis penyakit ini biasanya banyak menyerang pada bagian daun dan batang pada tanaman. Jenis penyakit ini mungkin tidak terlalu berbahaya, tetapi kita perlu mewaspadainya juga.

Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan nantinya. Agar penyakit embun tepung ini tidak menyerang tanaman cabai, maka kita harus rajin menjaga kebersihan pada lokasi tempat penanaman.

Jika lokasi tempat penanaman terlalu kotor, maka penyakit ini akan sangat mudah menyerang tanaman. Lingkungan tempat penanaman yang bersih, memang sangat di perlukan, agar tanaman terbebas dari serangan hama atau pun penyakit.

  • Bercak alternaria

Penyakit bercak alternaria ini termasuk jenis penyakit yang langka keberadaannya. Biasanya jenis penyakit ini di sebabkan oleh bakteri alternaria, sehingga jenis penyakit ini terbilang sangat berbahaya.

Penyerangannya pun secara tiba-tiba dan dapat mengakibatkan tanaman mati. Untung saja jenis penyakit ini langka di temukan pada daerah tempat tinggal kita.

Advertisement
Jenis Penyakit Pada Segala Tanaman Cabai | Penulis | 4.5