Jenis Hama Perusak Daun Serta Cara Mengatasinya

Banyak jenis hama kusus yang menyerang batang dan daun tanaman,jenis hama perusak daun serta cara mengatasinya bisa melakukan pencegahan apabila tanaman belum timbul gejala,akan tetapi,jika sudah terlanjur terserang,kita bisa melakukan pengendalian dengan cara penyemprotan pestisida sesuai jenis hama yang menyerang.

Hama yang pertama yang sering menyerang adalah Ulat daun, ulat yang banyak menyerang daun pada tanaman. Ulat daun ini sangat berbahaya, karena dalam sekejap ulat tersebut dapat menghabiskan daun hingga beberapa tangkai. Sehingga daun pada tanaman terlihat kering seakan daun tersebut mati.Jenis Hama Perusak Daun Serta Cara Mengatasinya

Advertisement

Ulat daun tidak banyak  terlihat oleh petani, karena ulat daun tersebut pandai menyembunyikan dirinya dengan cara menggulung dengan daun. Warna dari ulat tersebut juga hampir sama dengan warna daunnya, sehingga terlihat sekilas tidak dapat membedakan yang mana ulat dan daunnya.

Jika tidak di basmi, ulat daun akan merusak banyak tanaman sehingga dapat menyebabkan kematian. Ulat daun dapat di basmi dengan menyemprotkan bagian daun menggunakan pestisida, pestisida dapat di campur dengan air dan cairan lainnya agar ulat daun dapat di basmi dengan secara merata, sehingga tidak ada yang timbul lagi.

Kumbang daun

Advertisement

Hama jenis ini banyak menyerang pada daun hingga mengenai batang, biasanya kumbang daun dapat menyerang tanaman hingga membuat tanaman menjadi layu, kumbang daun juga dapat menyerang bagian akar.

Gangguan hama seperti kumbang daun ini hanya dapat di basmi dengan menggunakan pestisida, yang di semprotkan pada waktu hama tersebut sedang aktif. Sehingga hama dapat terbunuh dan mati semua.

Kepik

Serangga semacam kepik ini banyak menyerang pada daun-daun tanaman, sehingga dapat membuat daun seperti terkoyak. Serangga jenis kepik ini banyak menyerang dedaunan ketika waktu musim kemarau saja, jika hujan sudah mulai turun maka serangga jenis kepik ini akan menghilang dengan sendirinya. Selain dapat menyerang daun, serangga kepik ini juga menyerang pada bagian buah yang akan mulai matang, sehingga dapat menimbulkan kebusukan.

Tungau

Tungau merupakan jenis hama yang menyerang pada bagian daun tanaman, daun yang di serang oleh hama tungau ini tidak dapat mati, hanya saja daun yang diserang  akan menjadi berubah warna menjadi kecokelatan.

Hama jenis ini dapat di basmi dengan menggunakan cairan akarisida sebanyak 2,0-2,3 ml/l atau setara dengan dosis yang di anjurkan.

Lalat putih

Lalat putih biasanya menyerang pada bagian daun, lalat putih ini hanya serangga kecil yang berbentuk kutu daun, jika di basmi dengan asap-asapan lalat putih tersebut akan mati. Jenis hama seperti lalat putih ini tidak berbahaya tetapi kita harus mewaspadai kehadairannya juga.

Advertisement
Jenis Hama Perusak Daun Serta Cara Mengatasinya | Penulis | 4.5