Jenis Hama Penyakit Jamur Pada Buah Sawo

Selain jenis penyakit,penyakit jamur adalah jenis penyakit yang cukup berbahaya bagi tanaman buah sawo.jenis hama penyakit jamur pada buah sawo biasanya akan menyerang pada bagian buah yang di tandai terdapat bintik putih yang jika kita biarkan semakin lama akan semakin menjalar kemana-mana..

Jamur jelaga merupakan jamur yang menghinggapi  pada daun dan buah sawo, Daun sawo terlihat menjadi kehitaman dan lama-kelamaan menjadi kering sehingga mengalami kelayuan. Jamur jelaga, tidak terlalu berbahaya hanya saja jika di biarkan terlalu lama akan mengalami gagalnya proses fotosintesa.

Advertisement

Jamur jelaga, juga dapat menguntungkan bagi tanaman sawo, karena jamur jelaga dapat membuat bunga tumbuh dengan lebat.Jenis Hama Penyakit Jamur Pada Buah Sawo

Sehingga membuat buah sawo dapat berbuah dengan banyak. Buah tidak akan mengalami kerontokan, hanya saja warna dari buah sawo tersebut berubah menjadi agak kehitaman.

Cara pengendaliannya:

  • Penyemprotan menggunakan cairan fungisida harus dilakukan secara teratur. Dosis yang di berikan harus banyak, karena jika diberikan hanya sesuai anjuran hama dan serangga tidak akan hilang secara cepat. Bahkan, jika sudah hilang pun, hama akan kembali lagi.
  • Lakukan pemangkasan pada daun yang sudah terserang jamur jelaga. Jika tidak di pangkas, jamur jelaga akan menyebar luas.

Busuk buah

Advertisement

Busuk buah biasanya disebabkan oleh ulat buah yang menyerang melalui telur-telurnya. Sehingga dapat menyebabkan buah-buah membusuk dengan cepat.  Buah-buah yang busuk biasanya banyak yang jatuh berguguran, akibat serangan hama tersebut.

Cara pengendalian nya cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan fungisida dengan dosis 2,9 gr- 3,4 gram/liter air.

Selain itu, kita dapat membungkus buah yang masih berusia masih sangat muda, dengan kantong pelastik atau kertas koran. Semua dilakukan agar buah tidak dapat diserang hama, yang dapat menyebabkan buah membusuk.

Hawar benang putih

Yang di maksud dengan hawar benang putih merupakan jamur cendawan yang membuat daun-daun dan ranting semua pada mengering dan mengakibatkan pengguguran pada daun dan ranting tersebut. Cara pengendalian dari hawar benang putih ini adalah memotong tanaman yang sakit parah.

Agar tabulampot sawo rajin berbuah

Tabulampot sawo dapat rajin berbuah sepanjang tahun tanpa berhenti kita harus merawat nya dengan benar dan baik. Caranya sebagai berikut:

  • Memberi pupuk NPK dengan secara terus menerus. Jangan ada pemberhentian dalam pemberian pupuk.
  • Pangkas akar dengan hanya menyisakan 2 cabang terbaik saja.
  • Lakukan penyiraman setiap hari dengan menggunakan zat yang mengandung vitamin
Advertisement
Jenis Hama Penyakit Jamur Pada Buah Sawo | Penulis | 4.5