Jenis Hama Dan Penyakit Tanaman Semangka

Jenis hama dan penyakit tanaman semangka – Penyakit dan hama yang menyerang tanaman semangka harus di basmi dan di musnahkan. Jika tidak segera di musnahkan tanaman semangka akan rusak dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian pada tanaman.

Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang tanaman semangka, jika ingin mengetahuinya lihatlah di bawah ini:Jenis Hama Dan Penyakit Tanaman Semangka

Advertisement

Busuk semai

Penyakit busuk semai ini biasanya banyak menyerang pada bagian benih tanaman yang akan di tanam. Benih tersebut menyerang melalui bakteri yang menyebar pada area sekitar penanaman.

Pengendalian penyakit ini hanya dengan menyimpan benih tanaman di tempat yang steril sebelum dilakukannya penyemaian.

Bercak daun

Bercak daun ini dapat menyebabkan daun-daun pada tanaman mengering dan juga dapat mengakibatkan tanaman buah semangka menjadi mati. Pengendalian penyakit ini hanya dengan menjaga kondisi pada lingkungan sekitar tempat penanaman.

Advertisement
  • Busuk buah

Penyakit busuk buah ini memang penyakit yang sering menyerang pada bagian buah pada tanaman. Busuk buah ini di sebabkan oleh menempelnya bakteri pada bagian buah dengan jangka waktu yang terlalu lama, sehingga buah tersebut dapat membusuk dan gagal panen.

Pengendaliannya sama seperti yang lainnya, yaitu harus menjaga kondisi lingkungan sekitar tempat penanaman.

Setelah kita mengetahui beberapa penyakit yang menyerang pada tanaman ini, selanjutnya kita harus mengetahui jenis-jenis hama apa saja yang biasa menyerang tanaman buah semangka :

Ulat tanah

Kita harus mewaspadai jenis ulat tanah ini, ulat tanah tidak membuat tanah menjadi subur. Bahkan sebaliknya jika ulat tanah terus-terus di biarkan.

Maka ulat tanah ini bisa menghabisi akar dan batang pada tanaman tersebut. Cara pengendaliannya hanya dengan menyemprotkan cairan pestisida pada bagian yang di serang.

Ulat perusak daun

Ulat perusak daun ini dapat membuat daun menjadi kurus dan terlihat seperti berlubang. Cara pengendaliannya dengan menyemprotkan cairan zat kimia pada daun yang terserang ulat daun tersebut.

Lalat buah

Lalat buah ini sangat berbahaya jika terus-menerus dibiarkan, karena lalat buah ini dapat merusak buah dan dapat mengakibatkan buah tersebut gagal panen.

Cara pengendaliannya kita dapat membuang buah-buah yang sudah terlanjur terserang. Selanjutnya untuk pencegahannya kita dapat membungkus buah semangka dengan menggunakan kantong pelastik, agar lalat buah tidak dapat menyerang buah tersebut.

Advertisement
Jenis Hama Dan Penyakit Tanaman Semangka | Penulis | 4.5