Jenis Hama Dan penyakit Bunga Aglaonema

Jenis hama dan penyakit bunga aglaonema-Pencegahan hama dan penyakit harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan menjaga tanaman agar tetap tumbuh dengan subur. Hama dan penyakit dapat muncul kapan saja dan dimana saja lokasinya.

Walaupun tanaman sudah diletakkan di tempat yang steril itu juga tidak menjamin apakah tanaman tersebut terbebas dari hama dan penyaki atau tidak.

Advertisement

Menjaga dan merawat tanaman dengan baik dan benar sangat diperlukan untuk mencegah terjadi nya serangan hama. Serangan hama dan penyakit dapat di cegah dengan melalui cara yang sudah di sediakan para petani aglaonema.Jenis Hama Dan penyakit Bunga Aglaonema

Untuk melakukan pencegahan hama dan penyakit, sebaiknya kita tidak boleh menggunakan cairan seperti zat-zat kimia.

Karena zat-zat kimia mengandung cairan yang sangat berbahaya, bukan hanya mematikan hama dan penyakit. Bahkan bisa mematikan tanaman aglaonema juga, karena zat yang terkandung di dalam nya sangat berbahaya.

Berikut ini merupakan hama yang harus kita waspadai :

Mealy bug

Advertisement

Mealy bug ini merupakan jenis hama yang menyerupai kutu. Mealy bug ini biasanya menyerang pada bagian daun pada tanaman aglaonema.

Jika jenis kutu mealy bug ini dibiarkan, lama-kelamaan kutu jenis ini akan menyebar luas ke permukaan tanaman lainnya.

Layu fusarium

Layu fusarium ini merupakan jenis hama yang berupa cendawan aktif. Hama dan penyakit jenis ini dapat merusak batang pada tanaman.

Batang pada tanaman aglaonema bisa menjadi busuk dan dapat berakhir dengan kematian. Biasanya, tanda serangan pada tanaman ini di tandai dengan bau yang sangat menyengat pada bagian batang yang busuk tersebut.

Bacterial stem rot

Bacterial stem rot merupakan penyakit pada tanaman yang timbul pada saat musim penghujanan. Jenis penyakit ini tidak ada tanda-tanda nya karena tanaman ini tidak menimbulkan bau sedikit pun.

Penyakit ini juga bisa terjadi diakibatkan pemberian pupuk secara berlebihan. Sehingga dapat merusak akar-akar pada tanaman dan dapat menimbulkan bacterial stem rot.

Ulat

Ulat ini banyak menyerang pada bagian akar dan batang pada tanaman aglaonema. Serangan ulat banyak terjadi pada saat musim hujan. Karena ulat sangat menyukai tempat-tempat yang lembab.

Kita juga bisa membasmi ulat dengan cara menyemprotkan cairan pestisida secara berulang-ulang. Atau tidak kita juga bisa mengganti media penanamannya.

Advertisement
Jenis Hama Dan penyakit Bunga Aglaonema | Penulis | 4.5