Hama Pada Tanaman Cabai Rawit Dan Merah

Hama peda tanaman cabai rawit dan merah – Hama merupakan sesuatu yang paling tidak di senangi oleh semua jenis tanaman. Kehadiran hama ini memang sangat mengganggu perkembang biakan pada tanaman yang terserang hama.

Jenis serangan hama ini bermacam-macam, mulai dari menyerang pada batang tanaman, daun, bunga, hingga pada akar tanaman.

Advertisement

Hama ini dapat menyerang secara bersamaan hingga pada akhirnya dapat melumpuhkan tanaman tersebut. Tetapi serangan hama ini tidak terlalu separah penyakit, hama yang menyerang tidak dapat membuat tanaman mati. Tetapi jika penyakit yang menyerang, sudah di pastikan tanaman tersebut akan mati.Hama Pada Tanaman Cabai Rawit Dan Merah

Jenis hama pada tanaman cabai

Berikut ini merupakan jenis-jenis hama yang sering menyerang tanaman cabai dan beserta cara melakukan pengendaliannya. Jika adna ingin mengetahuinya, lihat lah di bawah ini :

  • Ulat daun

Seperti namanya, jenis hama ini biasa menyerang pada bagian daun yang ada pada tanaman. Ulat daun ini dapat merusak daun hingga daun yang ada pada tanaman tidak terlihat lagi. Jenis hama ini dapat di musnahkan dengan cara menyemprotkan cairan pestisida pada daun yang terserang hama tersebut.

Advertisement
  • Lalat buah

Jenis hama ini sangat membahayakan bagi proses pemanenan. Karena buah akan mengalami gagal panen ketika lalat buah tersebut menggerogoti buah-buah cabai yang siap di panen. Jika tidak secepatnya di tindak lanjuti, maka akan sangat merugikan bagi pihak kita.

Cara mengatasinya, kita dapat membuat perangkap jebakan, agar lalat tidak dapat mudah masuk ke dalam pekaranagan tanaman.

  • Kutu daun kapas

Hama ini banyak menyerang pada bagian daun tanaman. Daun yang terserang akan menjadi mengering dan terlihat seperti terbakar apabila terus menerus di serang hama ini. Kutu daun kapas ini dapat di atasi dengan menyemprotkan cairan pegasus pada tanaman yang terserang hama ini.

  • Ulat buah

Jika hama ini terus di biarkan, maka buah yang di hasilkan pada tanaman cabai akan terlihat sangat buruk. Karena buah tersebut memiliki isi ulat, sehingga tidak dapat di konsumsi.

Agar ulat buah ini tidak terus-menerus menyerang tanaman, maka kita harus melakukan penyemprotan cairan insektisida pada bagian tanaman yang terserang hama ulat buah tersebut.

  • Tungau/tengu

Tungau/tengu merupakan jenis hama yang banyak menyerang tanaman cabai, jenis serangannya sangat berbahaya dan dapat mematikan. Biasanya tunga/tengu ini dapat menyerang pada bagian akar dan batang tanaman.

Akar dan batang tanaman tersebut akan rusak bila terserang hama tungau/tengu tersebut, sehingga dapat terjadi pembusukan.

Jenis hama yang berbentuk kutu ini sering menyerang tanaman cabai, ketika waktu musim hujan tiba. Maka dari itu, sebelum musim penghujan tiba, maka kita harus membuat tempat pelindung agar tanaman tersebut tidak mengalami ke banjiran yang dapat menyebabkan hama tersebut mudah masuk ke dalam lingkungan tanaman.

Advertisement
Hama Pada Tanaman Cabai Rawit Dan Merah | Penulis | 4.5