Hama dan Penyakit Pada Tanaman Anggur

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Anggur – Semua jenis tanaman pastinya ada gangguan dalam hidupnya, seperti serangan hama dan penyakit. Serangan hama dan penyakit ini ada yang bisa di atasi dan juga ada yang tidak bisa di atasi.

Hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman anggur ini biasanya di sebabkan oleh lingkungan tempat penanaman tidak bersih.

Advertisement

Maka dari itu kebersihan lingkungan harus di terapkan dengan benar, agar hama maupun penyakit lainnya tidak akan menyerang tanaman tersebut.

Jika hama ataupun penyakit yang menyerang tanaman tersebut merupakan jenis yang berbahaya, maka sebaiknya kita harus menghindarkan tanaman tersebut pada tanaman lainnya.Hama dan Penyakit Pada Tanaman Anggur

Melakukan penghindaran tanaman yang terkena hama tau pun penyakit tersebut, agar tanaman yang sehat lainnya tidak mudah tertular oleh serangan hama atau pun penyakit yang sudah terlanjur menyerang tanaman lainnya tersebut.

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Anggur

Berikut ini merupakan jenis hama yang biasa menyerang tanaman anggur :

  • Grape berry moth

Jenis hama ini sangat mengganggu tanaman anggur, tanaman anggur dapat mengalami kebusukan berat akibat serangan hama ini.

Baca juga: Perawatan Harian Anggur Supaya Berbuah Lebat

Maka dari itu, jika jenis hama ini menyerang tanaman anggur, maka sebaiknya kita harus mengatasinya dengan cara memangkas tanaman yang busuk tersebut.

Advertisement
  • Phylloxera vitifolia

Jenis hama ini merupakan jenis hama yang dapat menyerang tanaman tanpa memandang usia tanaman tersebut. Jika jenis hama ini menyerang tanaman anggur, maka tanaman tersebut akan mengalami kekeringan bahkan kelayuan. Yang lebih parahnya lagi, hama ini juga dapat membuat tanaman menjadi mati.

  • Black vine weevil

Jenis hama ini merupakan jenis hama yang paling berbahaya, karena jenis hama ini mampu merusak hingga ke dalam bagian akar tanaman.

Jika akar tanaman sudah mengalami kerusakan, maka akan berdampak buruk terhadap tanaman tersebut, tanaman bisa mengalami kematian akibat hama yang menyerang tersebut.

Cara mencegah dan mengatasi hama anggur

Sebelum hama menyerang tanaman anggur, maka ada baiknya kita melakukan pencegahan. Pencegahan ini di lakukan secepat mungkin, agar hama tersebut tidak menyerang tanaman anggur lebih luas lagi.

Hal yang pertama kali di lakukan ialah membersihkan lingkungan tempat penanaman terlebih dahulu, jika lingkungan tempat penanaman terlihat bersih, maka hama pun tidak akan mudah menyerang tanaman.

Bukan hanya itu agar hama tidak mudah menyerang tanaman anggur, maka kita bisa mengatasinya dengan cara membuat jaring-jaring di sekitar tanaman anggur, selain itu kita juga bisa membungkus buah-buah yang sudah semakin membesar.

Pembungkusan buah dan pembuatan jaring-jaring ini berfungsi agar hama tidak mudah menyerang buah yang dapat mengakibatkan pembusukan.

Cara mencegah dan mengatasi hama dengan cara lainnya ialah kita dapat melakukan penyemprotan hama secara rutin pada tanaman anggur.

Baca juga: Pruning dan Training Pada Tanaman Anggur

Penyemprotan ini dapat membawa dampak besar terhadap kesehatan tanaman, penyemprotan ini juga di lakukan agar hama tidak mudah menyerang tanaman anggur.Sekian tulisan tentang Hama dan Penyakit Pada Tanaman Anggur semoga membantu.

Advertisement
Hama dan Penyakit Pada Tanaman Anggur | Penulis | 4.5