Hama Dan Penyakit Pada Anggrek Phalaenopsis

Hama Dan Penyakit Pada Anggrek Phalaenopsis – Seperti jenis tanaman pada umumnya, tanaman hias anggrek phalaenopsis ini juga sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit ini dapat menyerang tanaman hias anggrek phalaenopsis tanpa di duga-duga, alias datang secara mendadak.

Maka dari itu, untuk mencegah adanya hama ataupun penyakit yang menyerang tanaman hias anggrek  phalaenopsis ini kita harus menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar tempat penanaman tersebut agar hama dan penyakit tidak mudah menghinggapi tanaman hias anggrek phalaenopsis.

Advertisement

Diantara dari hama dan penyakit, tentunya yang paling berbahaya ialah penyakit. Karena hama dapat di cegah dan atasi dengan menggunakan cara-cara tertentu. Sedangkan penyakit, itu merupakan sesuatu yang sangat sulit sekali untuk di hindari dan pengobatannya pun belum tentu semudah yang di perkirakan.Hama Dan Penyakit Pada Anggrek Phalaenopsis

Hama Dan Penyakit Pada Anggrek Phalaenopsis

Jika anda ingin mengetahui jenis hama dan penyakit yang sering kali menyerang tanaman anggrek phalaenopsis, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Penyakit

  • Erwinia coratovora

Jenis penyakit ini biasanya banyak menyerang tanaman hias phalaenopsis melalui luka yang terdapat pada tanaman phalaenopsis itu sendiri. Luka yang tidak segera di obati semakin lama akan semakin membusuk dan juga dapat membuat akar tanaman menjadi terkena dampak kebusukan tersebut.

Maka dari itu, agar penyakit ini tidak menyebar luas, maka ketika lukanya masih kecil, kita harus segera mengobatinya.Baca Juga Syarat Tempat Hidup Anggrek Bulan,Phalaenopsis

Advertisement
  • Virus

Virus ini merupakan suatu jenis penyakit yang sangat sulit sekali di atasi. Karena virus ini dapat menyebar luas dari tanaman satu ke tanaman lainnya, waktu penyebaran ini pun terbilang cukup singkat sehingga kita dapat melakukan pencegahannya.

Jadi jika ada salah satu tanaman angrek phalaenopsis yang tidak dapat tumbuh dengan membesar, maka sebaiknya tanaman tersebut kita cabut dan kita buang, agar tidak menular pada tanaman lainnya.

Hama

  • False spider mites

Jenis hama yang satu ini tentunya juga sangat membahayakan hidup tanaman anggrek phalaenopsis. Jangan spelekan ukurannya yang kecil tersebut, karena dari ukurannya yang kecil tersebut, hama ini bisa merusak tanaman hingga mencapai akarnya.

Tetapi untuk jenis hama yang satu ini dapat di kendalikan dengan cara melakukan penyemprotan dengan menggunakan cairan kelthane. Penyemprotan ini di lakukan hingga hama tersebut tidak terlihat lagi pada tanaman anggrek phalaenopisis.

  • Snails dan slugs

Hama yang satu ini merupakan hama yang sering hinggap pada daun dan batang tanaman phalaenopsis. Jenis hama yang satu ini memiliki bentuk tubuh seperti keong, sehingga jenis hama yang satu ini dapat menghabiskan daun-daun tanaman anggrek phalaenopsis dalam waktu yang sangat singkat.

Untuk jenis hama yang satu ini tidak perlu terlalu dikawatirkan, karena jenis hama yang satu ini dapat di atasi dengan cara melakukan penyemprotan dengan menggunakan cairan pestisida. Cairan yang di semprotkan ini tentunya dapat mengusir hama-hama yang menghinggapi tanaman hias anggrek phalaenopsis.

Biasanya penyemprotan ini di lakukan 2 kali dalam sehari, yaitu setelah melakukan penyiraman. Lakukan terus penyemprotan ini hingga hama tak lagi menempel pada tanaman tersebut.demikian dan semoga bisa membantu.baca juga Merawat Anggrek Phalaenopsis Supaya Cepat Berbunga

Advertisement
Hama Dan Penyakit Pada Anggrek Phalaenopsis | Penulis | 4.5