Hama Anggrek dan Cara Pengendaliannya

Hama Anggrek dan Cara Pengendaliannya – Hama merupakan sesuatu yang kehadirannya sangat mengganggu tanaman. Hama ini bisa menyebabkan tanaman mengalami kerusakan, bahkan juga dapat mengakibatkan kematian pada tanaman tersebut. Hama-hama yang menyerang tanaman bermacam-macam, mulai dari bakteri, kuman dan lain sebagainya.

Awal dari penyerangan hama dan penyakit ini bisa terjadi akibat perubahan faktor iklim dan faktor lainnya.

Advertisement

Tetapi kebanyakan hama-hama ini dapat menyerang penyakit karena terjadinya perubahan pada iklim cuaca. Apalagi pada saat musim penghujan, pastinya hama-hama akan sangat banyak menyerang tanaman.Hama Anggrek dan Cara Pengendaliannya

Tetapi walaupun terjadinya perubahan iklim bagaimana pun, jika kita melakukan perawatannya dengan baik dan benar. Maka hama-hama tersebut di pastikan tidak akan mudah menyerang tanaman yang terawat tersebut. Maka dari perawatan yang baik memang sangat di tekankan untuk tanaman, apalagi pada tanaman hias.

Kesalahan dalam hal perawatan, juga merupakan hal yang paling utama penyebab terserangnya hama pada tanaman hias tersebut.

Hama Anggrek dan Cara Pengendaliannya

Kesalahan dalam hal perawatan tersebut dapat berupa seperti, lingkungan di sekitar tempat penanaman terlihat kumuh dan kotor. Sehingga hama-hama mudah masuk ke dalam lingkungan tanaman tersebut.

Baca Juga: Agar Tanaman Anggrek Dapat Tumbuh Sehat

Advertisement

Berikut ini merupakan jenis hama yang banyak menyerang tanaman hias anggrek. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, kita bisa melihatnya di bawah ini :

Tungau

Hama yang bernama tungau ini merupakan hama yang berbentuk seperti laba-laba yang sangat kecil. Jenis hama tungau ini memang sering kali menyerang tanaman hias anggrek.

Mungkin hama yang bernama tungau ini tidak mudah di lihat dengan kasat mata. Melainkan tungau ini dapat di lihat dengan menggunakan kaca pembesar.

Biasanya, tungau-tungau ini memiliki dua jenis, yaitu tungau jingga dan tungau merah. Dua jenis hama tungau ini memiliki cara kerja yang sama yaitu merusak tanaman hias anggrek hingga layu, bahkan tanaman hias anggrek dapat mati akibat hama tungau tersebut. Jika ingin mengetahui dua jenis tungau tersebut, kita bisa melihatnya di bawah ini :

Tungau jingga

Jenis hama yang bernama tungau jingga ini memiliki bentuk yang kecil dan memanjang. Seperti namanya, tungau jingga ini memiliki warna jingga penuh. Biasanya jenis hama tungau jingga ini banyak menyerang pada bagian batang tanaman hias anggrek.

Jika batang tanaman anggrek sudah terserang hama tungau jingga ini, maka bagian batang tanaman tersebut akan mengalami kekeringan, sehingga tanaman tersebut akan layu dan dapat mengakibatkan kematian pada tanaman hias anggrek.

Tungau merah

Selain tungau jingga, ada juga hama yang bernama tungau merah. Jenis tungau merah ini tidak terlalu berbahaya untuk tanaman hias anggrek. Jenis hama tungau merah ini memiliki bentuk yang sama seperti tungau jingga, tetapi warna hama tungau merah ini berbeda dengan hama tungau jingga.

Baca juga: Mencegah Hama Penyakit Tanaman Anggrek

Jenis kedua hama tungau ini dapat di atasi dengan menyemprotkan cairan pestisida kepada tanaman yang terserang hama tersebut.Demikian tulisan tentang Hama Anggrek dan Cara Pengendaliannya semoga bisa membantu..

Advertisement
Hama Anggrek dan Cara Pengendaliannya | Penulis | 4.5