Cara Stek Batang Tanaman Hias Aglaonema

Cara stek batang tanaman hias aglaonema-Perbanyakan tanaman aglaonema dengan cara menggunakan cara setek merupakan hal paling sering dilakukan oleh para petani tanaman aglaonema. Cara melakukan perbanyakan dengan setek ini tidak mudah dilakukan.

Perbanyakan dengan cara setek harus melalui tahap-tahap yang sangat sulit sehingga jika kita ingin melakukannya harus memiliki kesabaran yang besar.

Advertisement

Perbanyakan dengan cara setek ini dilakukan melalui akar tanaman. Jadi jika ingin melakukan perbanyakan melalui setek harus lah berhati-hati, karena jika tidak akar tanaman bisa salah terpotong dan dapat menyebabkan kematian pada tanaman aglaonema tersebut.

Jika kita melakukan perbanyakan dengan cara setek, tanaman akan lebih banyak mengalami keuntungan. Keuntungan nya dapat di ketahui sepertiCara Stek Batang Tanaman Hias Aglaonema

  • Tanaman menjadi subur
  • Dan tanaman dapat memiliki umur yang panjang.
  • Bibit yang di hasilkan dari perbanyakan tidak mudah terserang oleh penyakit hama dan apapun

Setek anakan

Advertisement

Setek anakan yang baru tumbuh akan sangat mudah berkembang. Karena anakan ini masih muda dan masih dalam proses pertumbuhan. Maka dari itu, setek anakan mudah di kembang biakkan. Setek ini biasanya di sebut orang-orang sebagai tanaman generatif.

Cara perbanyakan dengan setek anakan ini baru bisa di pisahkan dari induk aslinya yaitu pada saat setek anakan sudah memasuki usia satu bulan lebih. Walaupun sudah memasuki usia satu bulan lebih tetapi daun tanaman belum mencapai target, itu artinya setek anakan belum bisa di pisahkan dari induk aslinya.

Setek batang

Setek batang merupakan perbanyakan tanaman yang paling sulit dilakukan di antara perbanyakan yang lainnya. Setek batang ini, dilakukan dengan memperbanyak tanaman dengan menggunakan batang yang sudah tua dengan ukuran yang besar.

Jika ingin melakukan perbanyakan dengan melalui setek batang, kita harus memotong batang dengan hati-hati agar batang tidak mudah terluka sehingga dapat menyebabkan batang tersebut membusuk. Pemotongan batang harus menggunakan pisau atau benda-benda yang steril.

Setelah melakukan pemotongan pada batang, hal yang harus dilakukan seorang petani adalah mengoleskan luka pada bekas potongan dengan menggunakan obat yang sudah tersedia. Pengolesan obat tersebut dilakukan agar batang tidak mudah mengalami infeksi.

Advertisement
Cara Stek Batang Tanaman Hias Aglaonema | Penulis | 4.5