Cara Stek Batang dan Semai Biji Adenium

Cara stek batang dan semai biji adenium-Jenis tanaman adenium juga dapat dilakukan perbanyakan, perbanyakan yang akan dilakukan untuk jenis tanaman adenium ada dua cara, yaitu cara vegetatif dan generatif.

Perbanyakan dengan cara vegetatif tidak mudah dilakukan, karena untuk melakukan penanaman menggunakan cara vegetatif ini, biasanya banyak menggunakan biji sebagai bibit tanamannya.

Advertisement

Selain dari vegetatif, ada cara lain yang dapat digunakan untuk melakukan perbanyakan tanaman adenium. Yaitu perbanyakan dengan cara generatif.Cara Stek Batang dan Semai Biji Adenium

Perbanyakan yang dilakukan secara generatif ini sangat mudah sekali untuk dilakukan. Perbanyakan generatif ini sangat mudah dilakukan karena hanya menggunakan tanaman yang sudah jadi.

Perbanyakan dengan cara generatif dilakukan untuk mendapatkan variasi warna pada bunga tanaman adenium. Perbanyakan melalui cara generatif yang umumnya dilakukan, biasanya memiliki hasil akhir yang sama persis dengan induknya.

Advertisement

Setek Batang Adenium

Tanaman adenium dapat diperbanyak dengan menggunakan cara setek. Cara setek dikenal sangat mudah dilakukan, karena perbanyakan menggunakan cara setek dilakukan hanya dengan menggunakan batang tanaman.

Batang yang akan digunakan untuk melakukan proses setek, harus menggunakan jenis batang yang masih muda agar terlihat segar. Jika memakai batang yang sudah tua, maka batang tidak bisa di potong karena sudah terlalu keras.

Jika ingin melakukan perbanyakan adenium dengan menggunakan cara setek, hal yang paling utama harus kita lakukan ialah menjaga kesterilan alat-alat yang akan digunakan untuk melakukan perbanyakan adenium.

Setelah batang dilakukan pemotongan, sebaiknya batang diletakkan di tempat yang panas. Agar luka bekas potongan dapat kering dengan cepat.

Setelah di jemur dipanasan selama 2 jam, selanjutnya hal yang perlu kita lakukan ialah mengobati luka pada batang yang telah di potong tadi. Jika tidak segera di obati, maka luka akan menyebar ke seluruh batang tanaman. Sehingga dapat menimbulkan kebusukan.

Semai Biji Adenium

Perbanyakan dengan menggunakan cara biji ini sering dilakukan orang, karena cara nya cukup praktis. Namun, untuk melakukan perbanyakan dengan menggunakan biji ini harus sabar. Karena perbanyakan dengan biji ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh.

Sebaiknya, jika menggunakan perbanyakan dengan menggunakan biji. Kita harus menanamnya di tempat yang tertutup, agar tanaman tidak diganggu oleh hewan-hewan.

Advertisement
Cara Stek Batang dan Semai Biji Adenium | Penulis | 4.5