Cara Stek Batang Dan Memisahkan Anakan Bunga Alokasia

Banyak cara untuk memperbayak bunga alokasia ini.selain memperbanyak melalui stek batang,bunga alokasi juga bisa kita perbanyak dengan cara dengan memisahkan anakanya.Cara stek batang serta pemisahan anakan alokasia sangat mudah kita praktek kan.

Induk bunga alokasi memiliki anakan yang mengerombol di sekitar batang induknya.akan tetapi,jika kita belum tahu cara serta teknik,anakan alokasia yang kita ambil dari induk sangat susah sekali untuk hidup.dengan demikian,kita sebagai petani harus jeli dan teliti,bagaimana cara agar anakan tersebut bisa terangsang pertumbuhanya.Cara Stek Batang Dan Memisahkan Anakan Bunga Alokasia

Advertisement

Cara kedua selain melakukan pemisahan anakan pada alokasia adalah dengan cara melakukan stek batang.Cara stek batang dan memisahkan anakan bunga alokasi adalah sebagai berikut.

Cara Stek Batang Bunga Alokasia.

  1. Yang pertama,siapkan induk batang bunga alokasia.induk alokasia tersebut kita tanam kembali di media yang tidak mengandung unsur organik.biarkan kurang lebih selama 8 hari.
  2. Jika sudah 8 hari.anda bisa memotong batang tanaman alokasi yang memiliki warna kecoklatan.
  3. Agar terhindar dari jamur dan bakteri,kita olesi batang tersebut dengan pestisida.
  4. Selanjutnya,batang yang telah kita potong tersebut,clupkan kembali ke dalam larutan pestisida.
  5. lalu tanam batang alokasi tersebut dengan media tanam sekam bakar dan arang.

Tips.

Advertisement

Jika ingin melakukan penyiraman,jangan terlalu banyak,lakukan dengan cukup,siram 3 hari sekali saja.hal ini untuk menjaga agar batang alokasi tidak mengalami kebusukan.

Cara pemisahan anakan Bunga Alokasia.

Selain menggunakan stek batang untuk memperbayak anakan,cara lain adalah  dengan memperbanyak bunga alokasia dengan cara melakukan pemisahan anakan.langkah demi langkah yang bisa kita tempuh adalah sebagai berikut.

  1. Cari indukan alokasi yang memiliki banyak tunas anakan di bawah batangnya.
  2. Potong anakan tersebut menggunakan pisau tajam,potong secara perlahan dan hati-hati,hal ini agar tidak melukai induknya saat kita melakukan pemotongan.
  3. Oles atau siram belas potongan tersebut menggunakan pestisida agar jamur tidak tumbuh serta agar batang alokasi tidak terinfeksi virus.
  4. Anakan yang telah kita potong,lalu clupkan ke dalam larutan pestisida.
  5. siram secukupnya,jangan terlalu bayak.
  6. Selanjutnya kita bisa meletakan bibit tanaman tersebut di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari serta tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

Tips.

Saat melakukan pemotongan dengan pisau,pastikan pisau dalam keadaan steril.selain itu,untuk media tanama sebaiknya juga steril.cara menyeterilkan media tanam dengan cara di seram dengan menggunakan air panas.

Mungkin cukup sekian,semoga bisa berguna..

Advertisement
Cara Stek Batang Dan Memisahkan Anakan Bunga Alokasia | admin | 4.5