Cara Setek Daun Tanaman Hias Zamia kulkas

Setek daun tanaman hias jenis Zamia sikas cukup mudah.mungkin di antara anda sering mengalami kegagalan dalam hal memperbanyak jenis tanaman Zamia kulkas ini.tulisan kali ini saya akan membahas cara setek daun tanaman hias zamia kulkas.

Selain memiliki penampilanya yang unik,jenis zamia kulkas ini juga sangat mudah untuk menyesuaikan dengan lingkunganya,bahasa gaulnya sangat mudah untuk beredaptasi.

Advertisement

Zamia kulks juga mampu hidup dengan cahaya yang sangat minim.bisa kita letakan dalam sebuah ruangan rumah,kantor maupun apartemen serta Tanaman hias zamia kulkas ini juga sangat tahan terhadap segala serangan Hama serta penyakit.

Memiliki daun yang mengkilap yang menyilaukan mata pemandangnya.selain dengan cara setek daun,pembibitan tanaman Zamia kulkas ini juga bisa kita lakukan dengan cara pemisahan Umbinya.Cara Setek Daun Tanaman Hias Zamia kulkas

Berikut langkah demi langkah untuk memperbanyak dengan setek daun.

Advertisement
  • Cari tanaman sehat dan yang relatif tua,lalu potong bagian batangnya.
  • Hilangkah daunya dengan cara kita potong dengan sedikit batang tangkainya.
  • Selanjutnya tanaman zamia kulkas langsung bisa kita tanaman.
  • Media tanaman yang bagus adalah berupa sekam bakar campuran arang.
  • Setelah kita tanaman,siram dengan air yang sudah kita campur dengan larutan fungisida.
  • biasanya selama 60 hari,potongan daun tersebut sudah tumbuh tunas akar barunya serta mengeluarkan tunas daun yang baru.

Tips.

Saat melakukan pomotongan batang tunas ayang akan di setek,sebaiknya kita potong dengan cara menyerong.hal ini untuk mencegah menimbunya air saat kita melakukan penyiraman,dengan demikian,batang tanaman akan mudah busuk dan terserang virus bakteri.

Nah,selain dengan cara setek daun,zamia kulkas juga bisa kita perbanyak dengan cara pemisahan pada umbinya.cara perbanyak ini juga relatif mudah,kita hanya perlu memisahkan batang umbinya yang telah tua,selanjutnya langsung kita tanaman.biar lebih lengkap,cara serta langkahnya sebagai berikut.

  1. Cari umbi zamia kulkas yang sudah tua di tandai dengan umbi yang telah berwarna kuning.
  2. Pisahkan umbi tersebut dengan cara memotongnya,selanjutnya cuci atau bersihkan kotoran yang menempel.
  3. Selanjtnya umbi langsung bisa kita tanam dengan media Tanam Sekam bakar bercampur coco peat dengan dosis 3:1.
  4. dalam tempo 30 hari,umbi tersebut sudah mengeluarkan tunas baru serta perakaran.dengan demikian,sudah bisa kita tempatkan dalam sebuah pot Kusus.

Mungkin itu saja yang bisa sampaikan untuk tulisan sore ini.Sangat mudah untuk kita melakukan pembibitan tanaman hias Zamia kulkas ini sesuai petunuk tulisan di atas.semooga berguna.

 

Advertisement
Cara Setek Daun Tanaman Hias Zamia kulkas | admin | 4.5