Cara Setek Batang Tanaman Hias Napenthes

Tanaman hias napenthes selain bisa di perbanyak dengan cara setek,tanaman ini juga bisa kita ambil bibitnya dengan cara melalui biji dan anakan.akan tetapi memperbanyak tanaman hias napenthes dengan biji dan memisahkan anakan sangat sulit kita lakukan.sebab tanaman jenis ini sangat jarang sekali untuk mengeluarkan biji dan juga sangat jarang untuk dapat menghasilkan anakan.

Jalan satu-satunya untuk kita bisa memperbanyak tanaman hias napenthes dengan cara setek batang.cara setek batang tanaman hias napenthes sangat mudah kita lakukan,sama seperti cara menyetek tanaman hias lainya.

Advertisement

Untuk di daerah indonesia,jenis tanaman hias napenthes sangat jarang dan sukar untuk di temukan.jika ada yang menjual,bisa di pastikan di patok dengan harga yang cukup tinggi karena kelangkaan serta susahnya dalam melakukan perbanyakan anakanya.Cara Setek Batang Tanaman Hias Napenthes

Tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri yang unik dengan memiliki semacam kantung semar yang mampu untuk menjebak berbagai binatang kecil kususnya binatang serangga.warna dari kantungnyapun sangat beragam warna corak serta ukuranya.

Advertisement

Tanaman ini sangat sulit untuk kita perbanyak,maka sebab itu,di pasaran jenis tanaman hias napenthes di bandrol dengan harga yang relatif mahal.berikit cara setek batang tanaman hias napenthes yang mungkin saja bisa anda praktekkan di rumah.

  • Cari dan pilihlah tanaman hias napenthes yang sehat dan tua.
  • Potong batang tanaman dengan pisau yang tajam serta steril,lalu sisakan 1 atau 2 daun saja.
  • cara memotongnya,setiap ruas serta tanaman tersebut sudah memiliki tunas atau daun,lalu potong saja daunya menjadi separuh,hal ini untuk mengurangi penguapan.
  • Untuk bagian atas batang tanaman,olesi dengan cairan pestisida,dan untuk batang bawah tanaman olesi dengan Cairan perangsang akar yang bisa di beli di toko pertanian.
  • Untuk media tanamanya,kita bisa menggunakan arang campuran sekam bakar,lalu siram secukupnya 2 hari sekali saja.
  • Setelah melaukanpenanam,lakukan penyungkupan pada batang setek tadi,biasnya dalam 1 bulan potongan tunas tersebut sudah mengeluarkan akar dan bisa langsung kita pindahkan pada pot kusus.

Tips.

Setelah setek batang di tanam di media arang dan sekam bakar,lakukan penyiram secukupnya 2 hari sekali sjaa.hal ini untuk mencegah kebusukan pada batang tanaman.setelah batang sudah mengeluarkan akar dan tunas baru,baru lakukan penyiraman setiap hari pagi dan sore hari secukupnya..semoga bisa bermanfaat…

Advertisement
Cara Setek Batang Tanaman Hias Napenthes | admin | 4.5