Cara Setek Batang Dan Semai Biji Anthurium

Tanaman hias jenis Anthurium adalah salah satu tanaman hias yang masuk katagori tanaman hias indonesia yang harganya sangat mahal.Tanaman jenis anthurium sendiri memiliki dua varian,yaitu anthurium bunga dan yang berjenis Anthurium hias daun yang memiliki keunikan serta keindahan tersendiri di bandingkan dengan jenis tanaman hias lainya.

Anthurium yang berjenis bunga umumnya akan bisa tumbuh subur jika di tanam di daerah dataran lebih tinggi.namun untuk anthurium yang berjenis daun hias,ia bisa tumbuh subur di daerah mana saja,baik rendah maupun dataran tinggi.

Advertisement

Banyak orang yang dengan sengaja ingin membudidayakan jenis tanaman hias anthurium ini.selain memiliki harga yang cukup tinggi,bisnis bunga anthurium memang sangat mengiurkan keuntunganya.banyak cara kita untuk memperbanyak Anthurium ini.salah satunya dengan cara setek batang dan semai biji anthurium.akan tetapi,yang kebanyakan orang memperbanyak anthurium dengan melalui bijinya.cara setek batang dan semai biji anthurium

Di bawah ini akan saya jelaskan cara memperbanyak bunga anthurium melalui setek batang maupun melalui semai biji.

Semai biji.

  1. Cari buah anthuriaum yang sudah masak,ambil bijinya,cuci bersih lalu keringkan.
  2. Setelah kita ambil biji dari buahnya,terlebih dahulu kita celupkan atau kita rendam dengan larutan pestisida,setelah itu kita jemur hingga kering.
  3. Setelah biji tersebut kering,sudah bisa untuk kita semai ke dalam wadah yang telah kita siapkan.media tanam yang di gunakan adalah sekam bakar yang di campur dengan coco peat.
  4. Sebaiknya,terlebih dahulu kita siram media tanam tersebut dengan pestisida agar media tanam seteril dari hama dan bakteri.
  5. Tabur biji anthurium tersebut sesuai wadah yang telah kita siapkan,usahakan jangan terlalu rapat,bisa kita kira-kira sendiri
  6. Setelah biji di tabur,lalu kita tutup menggunakan tisu basah.
  7. Untuk melakukan pemindahan bibit setelah tubuh,pindahkan setelah bibit anthurium tersebut telah memiliki 3 sampai 5 daun ke dalam pot kusus.
  8. Untuk media tanamnya bisa berupa sekam bakar dengan coco peat,atau bisa juga menggunakan pakis yang kita campur dengan pupuk kandang.

Tips.

Advertisement
  • Sebaiknya,untuk media tanam dan semai bibit anthurium,seterilkan terlebih dahulu.hal ini untuk mencegah timbulnya jamur dan bakteri.
  • Jika kita mengambil biji dalam buah anthurium,sebaiknya ambil secara bertahap,jangan memotong buah tersebut.sebab biasanya biji yang sudah masak dalam satu buah tidak merata.biarkan saja buah tetap mengelantung pada induknya.
  • Biji anthurium matang dengan ciri warna agak kemerahan.jika kita pencet,buah sebesar buah kopi tersebut terasa lembek/empuk.

Cara Setek Batang Anthurium.

  1. Cari anthurium yang memiliki batang besar serta tanaman yang sehat,tidak cacat.
  2. Selanjutnya,potong batang yang sudah timbul tunas tersebut dengan akarnya.
  3. Setelah siap memotong,potongan tersebut harus cepat kita olesi dengan pestisida.
  4. Setelah siap,selanjutnya kita bisa menanam potongan batang tunas tersebut ke dalam pot.
  5. media tanam yang bisa di gunakan adalah sekam bakar campuran coco peat.atau bisa juga cukup menggunakan pakis saja.
  6. Biasanya potongan tunas tersebut akan mengeluarkan daun muda setelah 2 sampai 3 bulan.

Tips.

  • Untuk induk anthurium yang telah kita ambil tunasnya,jangan di buang semua daunya.sisakan,yang nantinya induk tersebut mampu untuk menumbuhkas tunas kembali.
  • Saat melakukan pemotongan,usahakan pisau yang di gunakan tajam serta seteril.
  • Media tanam juga harus di perhatikan,usahakan juga seteril dari hama dan bakteri.
  • lakukan penyiraman secukupnya,bisa 2 hari sekali saja.jangan terlalu banyak air.hal malah akan mengakibatkan tunas tersebut membusuk.

Semoga berguna….

Advertisement
Cara Setek Batang Dan Semai Biji Anthurium | admin | 4.5