Cara Setek Batang Dan Okulasi Bunga Kamboja

Bunga kamboja bisa kita perbanyak dengan dua cara,yaitu dengan cara setek pada batang tanaman tersebut dan menggunakan teknik okulasi.Pada Zaman dahulu bunga kamboja ini di ibaratkan dengan bunga kuburan,jika di daerah jawa dan sekitarnya,bunga jenis kamboja ini banyak tumbuh liar di daerah pemakaman.

Akan tetapi,untuk zaman sekarang bunga kamboja bisa di jadikan prospek bisnis yang menggiurkan,Harga bunga kamboja anakan saja bisa di bandrol 20 sampai 200 ribuan di pasaran.dengan demikian,banyak orang yang berbondong-bondong untuk membudidayakan jenis tanaman bunga seperti kamboja ini.

Advertisement

Banyak ragam warna bunga kamboja,dari yang warna putih,kuning,orange,merah kekuningan dll.bunga jenis ini akan sangat indah jika kita budidayakan dalam sebuah pot yang bisa kita letakan di daerah pakarangan rumah maupun di teras sebagai penghias lingkungan kita.Cara setek batang dan okulasi bunga kamboja sangat mudah kita lakukan,cara beserta petunjuk lengkapnya akan kami bahas di bawah yang bisa langsung anda praktekan di rumah.berikut caraserta tata cara pelaksanaanya.Cara Setek Batang Dan Okulasi Bunga Kamboja

Cara Setek batang Bunga Kamboja.

  • Cari induk kamboja yang besar,tua serta sehat,tidak memiliki cacat .jika sudah ketumu,lalu potong batang kamboja tersebut dengan panjng kira-kira 20 cm.biarkan saja selama ┬ásatu minggu,lalu tempatkan di tempat yang teduh dan lembab.
  • Untuk Batang bagian atasnya,jika memiliki dauj banyak,buang saja daunya,sisakan 2 daun saja.hal ini untuk mengurangi penguapan tanaman saat kita lakukan penyetekan.
  • Setelah melakukan pemotongan,jangan lupa untuk segera menyelupkan atau mengolesi bekas luka akibat potongan tersebut dengan obat perangsang akar yang bisa kita beli di toko pertanian.hal ini agar cepat merangsang tumbunya akar.
  • Untuk media tanamnya,kita bisa menggunakan sekam bakar yang kita campur dengan arang,lalu aduk hingga merata.
  • Setelah satu minggu,tanaman yang telah kita potong tersebut sudah bisa kita tanam pada sebuah pot dengan media tanaman seperti yang telah di jelaskan di atas.

Tips.

Advertisement

Setelah kita melakukan pemotongan batang,sebaiknya diamkan saja dulu satu minggu,jangan langsung di tanaam.hal ini untuk menjaga timbulnya bakteri sertabentuk ujunya yang belum halu yang bisa menimbulkan jamur dan cendawa.setelah batang di tanaman,lakukan penyiraman secukupnya,3 kali sehari.tidak di sarankan banyak mengandung air selain untuk mencegah kebusukan batang tanaman,hal ini juga agar proses pembentukan akar lebih cepat.

Cara okulasi Bunga Kamboja.

  • Cari tanaman yang sehat,memiliki batang besar lalu ambil tunas matanya dengan cara memotong dengan pisau tajam.
  • cari batang tanaman bagian bawah yang ingin kita tempelkan tunas tersebut,lalu iris sama seperti dengan irisan mata tunas agar pas saat melakukan penempelan.Okulasi bunga kamboja
  • Lalu tempelkan mata tunas ke batang bawah dengan posisi mata tunas menghadap ke atas.
  • Selanjutnya ikat dengan kuat,menggunakan tali plastik,ingat saat melakukan pengikatan,mata tunas jangan sampai tertutup.
  • Setelah siap,sebaiknya batang bawah tanaman kita potong saja.hal ini untuk mempercepat pertumbuhan mata tunas tersebut.
  • Letakan tanaman tersebut di tempat yang teduh dan kering serta memiliki sirkulasi udara yang lancar.

Tips.

Perlu di perhatikan,banyak orang yag terbalik saat melakukan penempelan mata tunas.dengan demikian,tunas tidak akan tumbuh.sebaiknya teliti sebelum menempelkan mata tunasnya agar saat melakukan okulasi kamboja sesuai dengan yang di harapkan…semoga bermanfaat…

Advertisement
Cara Setek Batang Dan Okulasi Bunga Kamboja | admin | 4.5