Cara Setek Batang Dan Cangkok Tanaman Hias Puring

Tanaman hias yang satu ini banyak orang yang mengaitkan dengan tanaman kuburan.Tanaman hias puring utuk zaman sekarang ini banyak di buru orang untuk di budidayakan.selain memiliki harga yang relatif mahal,jenis tanaman hias puring ini juga sangat mudah untuk kita melakukan perawatan.

Selain dengan menggunakan setak batang dan Grafting,Tanaman hias jenis puring ini juga kita perbanyak dengan cara mencangkoknya.Da;lam tulisan saya kali ini,akan membahas bergai cara setek batang dan cangkok tanaman hias puring.selain itu,akan kami bahas juga cara melakukan Grafting jenis tanaman kuburan ini.

Advertisement

Untuk harga bibit tanaman hias puring sendiri yang kami tanya di berbagai pasar tradisional berkisar antara 500.000 sampai 700.000 ribuan.sangat mahal memang bagi kita yang berekonomi lemah ini.namun bagi penghobi,harga segitu tidak ada masalah,yang penting barang tersedia indah dan unik.

Tanaman hias puring masuk katagori tanaman hias berkayu serta memiliki banyak kombium,hal inilah,jenis tanaman puring ini bisa kita lakukan okulasi,cangkok,setek batang serta sambung atau yang biasa di sebut grafting.Cara Setek Batang Dan Cangkok Tanaman Hias Puring

Cangkok.

  • Cari dan pilihlah tanaman puring yang sehat dan tua untuk kita lakukan pencangkokan.selanjutnya pilih batang tanaman yang akan kita cangkok.
  • Lalu kita kupas kulit kayunya sampai ada seperti lendir yang biasa di sebut kambium.
  • Setelah kita kupas kulitnya,kita biarkan saja selama 4 hari untuk kita tunggu lendir kambium tersebut kering.
  • Setelah 4 hari,siapkan bahan untuk mencangkok,Tanah seteril,sabut kelapa,coco peat yang terlebih dahulu kita basahi dengan menggunakan air.
  • Lalu kita tempelkan pada bekas kupasan tersebut.lalu bungkus dengan plasting bening dan selanjutnya kita ikat dengan menggunakan tali rafia.
  • Setelah cangkokan kita rasa sudah memiliki perakaran yang cukup panjang,dan akar sudah berwarna kehijauan,batang tanaman tersebut sudah bisa kita potong.
  • Tanaman batang tersebut dengan terlebih dahulu kita membuka tali serta sabut kelapanya.selanjutnya kita tanaman dalam pot dengan media tanam sekam bakar bercampur arang dan pupuk kandang.

Grafting.

Advertisement
  1. Cari dan persiapkan terlebih dahulu untuk kita jadikan batang bawah dan batang atas.
  2. Selanjutnya,kita bsa memotong batang yang akan kita lakukan Grafting 10 cm dari tanah.lalu selanjutnya potongan tersebut buat huruf V dengan pisau steril dan tajam.
  3. Lakukan demikian untuk batang atas tanaman,akan tetapi huruf V nya dalam terbalik saat melakukan pemotongan.hal ini agar bisa masuk secara sempurna saat kita melakukan penyatuan kedua batang.
  4. Jika batang banyak daunya,kita bisa membuangnya,sisakan saja 1 atau 2 daun.
  5. Setelah melakukan pemotongan batang,jangan lupa,untuk kita siram dengan menggunakan larutan fugisida.
  6. Lalu kita bisa menyatukan kedua batang tersebut dengan secara rapat,kemudia kita ikat dengan kuat,agar tidak goyang saat tertiup angin.
  7. Selanjutnya,kita sungkup tanaman sambungan tersebut dengan menggunakan plastik bening transparan selama 10 hari.setelah 10 hari,sungkup plastik sudah bisa kita buka,lalu letakan tanaman tersebut pada area yang teduh serta memiliki sirkulasi udara yang cukup.
  8. Perlu di ketahui,saat melakukan Grafting tanaman Puring,sebaiknya lakukan pada sore hari.hal ini untuk menjaga agar tanaman tidak melakukan penguapan terlalu tinggi.

Okulasi.

  • Cari tunas tanaman puring dengan menggunakan media pisau yang tajam serta seteril.
  • Lalu kita iris kulit batang bagian bawah tanaman tersebut dengan cara secara vertikal.
  • Selanjtnya kita bisa mengabungkan kedua batang tanaman tersebut,lalu kita ikat dengan kuat agar tidak mudah lepas.
  • Jika kita rasa tanaman yang kita okulasi tersebut di rasa sudah menyatu,lakukan pemotongan batang bawah tanaman,hal ini agar batang tunas tumbuh dengan sempurna.
  • Ingat,,setelah melakukan pemotongan,olesi dengan fungisida.
  • Selanjutnya kita bisa tempatkan tanaman tersebut di tempat yang teduh.perlu di ingat,saat melakukan penempelan mata tunas,pastikan tidak terbalik.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang Cara setek batang dan cangkok tanaman hias puring ini.semoga bisa menjadi referensi serta panduan yang berguna bagi anda yang ingin melakukan perbanyakan tanaman hias jenis puring ini.

Advertisement
Cara Setek Batang Dan Cangkok Tanaman Hias Puring | admin | 4.5