Cara Setek Batang Bunga Euphorbia Secara Benar

Cara setek batang bunga euphorbia secara benar-Pembibitan dengan cara setek merupakan pembibitan yang sangat sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Cara pembibitan menggunakan setek ini terbilang sangat mudah, dan proses pertumbuhan nya pun cepat. Maka dari itu, orang lebih banyak memilih pembibitan euphorbia meggunakan cara setek.

Jika menggunakan cara penanaman dengan cara setek, maka kita harus berhati-hati. Mulai dari memotong batang, memilih batang yang baik, dan alat-alat untuk melakukan setek harus steril. Jika semua nya di lakukan dengan hati-hati, maka hasil yang di peroleh dari pembibitan setek akan bagus.

Advertisement

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus di perhatikan dalam melakukan pembibitan setek :Cara Setek Batang Bunga Euphorbia Secara Benar

Gunakan tanaman sehat sebagai indukan

Jenis tanaman yang cocok untuk dapat dijadikan pembibitan setek harus lah tanaman yang sehat. Karena, jika tanaman yang tidak sehat di jadikan sebagai bibit, maka hasil nya pun tidak baik.

Tanaman yang sehat dapat di lihat dari batang nya. Apabila batang nya tidak layu dan tegap, maka tanaman tersebut terbukti sehat.

Advertisement

Tetapi, ada juga jenis tanaman euphorbia yang bentuk batang nya bagus dan tegap, namun tanaman induk ini tidak mengeluar kan bunga sama sekali. Maka dari itu, tanaman ini tidak layak untuk dijadikan pembibitan setek.

Karena, pembibitan setek ini pertumbuhannya tidak jauh beda dengan induknya dan akan mengikuti bentuk dari induknya sendiri.

Pembibitan dengan setek, biasanya yang di gunakan untuk penanaman harus di potong dengan ukuran panjang 18 cm.

Jika di batang tanaman tersebut terdapat banyak daun, maka daun tersebut jangan di buang. Karena itu dapat membantu proses penanaman dengan baik.

Olesi bekas potongan dengan zat perangsang akar atau pupuk pelengkap benih

Setelah di lakukan nya pemotongan, hal yang selanjutnya kita lakukan ialah mengoleskan bekas potongan dengan zat perangsang akar.

Ini bertujuan untuk mencegah agar pada bagian akar tidak mengalami kebusukan. Zat perangsang harus di berikan dengan dosis yang tinggi, agar akar dapat tumbuh dengan cepat.

Setelah di olesi zat perangsang, lalu batang tanaman tersebut di jemur di dekat terik matahari selama 2 hari. Setelah itu, bibit setek baru boleh di tanam.

Biasanya, jika tanaman menggunakan bibit setek, tanaman tersebut harus di berikan pupuk dengan perbandingan yang sama dengan pengairan nya.

Advertisement
Cara Setek Batang Bunga Euphorbia Secara Benar | Penulis | 4.5