Cara Sambung Batang Tanaman Hias Euphorbia

Cara sambung batang tanaman hias euphorbia-Pembibitan dengan menggunakan sambung batang biasanya dilakukan untuk menyambungkan batang induk dengan batang lainnya. Cara pembibitan sambung batang tidak semudah dengan cara pembibitan setek.

Sambung batang ini dilakukan untuk membuat tampilan dari tanaman euphorbia berubah menjadi lebih menarik.

Advertisement

Biasanya sambung batang dilakukan dengan cara memotong bagian bawah batang dengan menggunakan pisau yang tajam.

Pemotongan harus dilakukan dengan cara yang sudah di tentukan, artinya pemotongan batang tanaman euphorbia tidak boleh asal-asalan, karena itu sangat berpengaruh proses pertumbuhan tanaman.Cara Sambung Batang Tanaman Hias Euphorbia

Tanaman yang akan dilakukan sambung batang harus berasal dari tanaman yang sehat, sambung batang juga harus dilakukan pada tanaman euphorbia yang masih muda.

Karena tanaman yang masih muda memiliki batang yang masih lembut, sehingga sangat mudah dilakukannya pemotongan untuk sambung batang.

Advertisement

Adaptasi kan bibit dengan lingkungannya setelah batang bawah dan atas di satukan

Kita harus mengadaptasikan bibit sambung batang dari tempat yang lama ke tempat yang baru nya. Pada awal dilakukannya sambung batang, tanaman tersebut harus diletakkan di tempat yang jauh dari sinar matahari.

Tetapi dalam waktu 3 jam dalam satu hari tanaman yang baru dilakukan sambung batang ini harus di jemur di terik matahari.

Jika masa adaptasi sudah selesai, maka tanaman boleh di letakkan di tempat yang sesuai. Pembibitan dengan cara sambung batang ini dapat dilihat keberhasilannya dengan cara melihat bekas dilakukannya penyambungan, jika di pegang batang tidak lepas, berarti sambung batang berhasil dilakukan.

Gunakan batang bawah dari jenis lokal yang adaptif

Jika ingin melakukan pembibitan dengan cara sambung bibit, maka kita harus menggunakan batang bawah yang berjenis lokal. Jika ingin melakukan sambung batang dengan benar, anda bisa melihat cara-cara di bawah ini :

  • Kita harus memilih batang yang sehat dan bebas dari penyakit.

  • Kemudian batang yang akan di pilih harus memiliki panjang 8-11 cm.

  • Selanjutnya, batang di potong dengan membentuk huruf V dengan kedalaman 4 cm

  • Setelah itu, sambungkan batang bawah dengan atas tersebut, dan kemudian diikat dengan menggunakan tali pelastik. Pengikatan harus dilakukan dengan ketat, agar batang tidak mudah goyang bila terkena angin.

Advertisement
Cara Sambung Batang Tanaman Hias Euphorbia | Penulis | 4.5