Cara Penggalian Tunggul Tanaman Bonsai Liar

Cara penggalian tunggul tanaman bonsai liar-Pengambilan bakalan bonsai harus dilakukan secara hati-hati. Karena tanaman ini sensitif terhadap sesuatu yang membuatnya terancam.

Pengambilan bakalan bonsai tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, pengambilan bakalan bonsai ini juga harus dilakukan sesuai langkah-langkah nya. Langkah-langkah yang dapat diikuti dalam pengambilan bakalan bonsai yaitu sebagai berikut :Cara Penggalian Tunggul Tanaman Bonsai Liar

Advertisement
  • Hal yang harus kita lakukan pertama sekali ialah menyiapkan segala kebutuhan alat untuk pengambilan bakalan bonsai. Alat tersebut berupa cangkul, linggis, gergaji, karung, tali dan golok. Alat ini harus dibawa dengan lengkap, agar proses pengambilan bakalan bonsai berjalan dengan lancar.

  • Selanjutnya, yang kedua barulah kita lakukan penggalian pada bakalan bonsai yang sudah kita tentukan. Penggalian yang dilakukan sebaiknya tidak mengenai akar pada bakalan bonsai tersebut. Artinya penggalian yang dilakukan harus menggunakan jarak.

  • Kita harus melihat diameter tanaman yang akan kita ambil tersebut jangan sampai akar tanaman tercabut dan tertinggal di dalam tanah tersebut. Jika akar tanaman tercabut atau tertinggal maka hasil penanaman selanjutnya tidak akan baik dan bagus.

    Advertisement
  • Setelah itu, cabut tanaman dengan cara hati-hati dari lubang penanaman yang awal. Pencabutan tanaman tersebut harus sekalian dengan tanahnya, agar tanaman dapat bertahan hidup sampai dibawa pulang kerumah.Cara Penggalian Tunggul Tanaman Bonsai Liar

  • Selanjutnya setelah tercabut, tanaman tersebut langsung dimasukkan ke dalam karung yang sudah di rebahkan untuk dilakukan nya pembungkusan, Pada waktu dimasukkan didalam karung akar tanaman tidak boleh terlipat.

  • Setelah itu, lakukan pengikatan pada karung tersebut. Pengikatan yang dilakukan tidak boleh terlalu ketat dan tidak boleh terlalu renggang. Pengikatan yang baik juga dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan pada bakalan bonsai tersebut.

Setelah semuanya selesai dilakukan, hal selanjutnya yang dilakukan ialah penanaman bakalan bonsai di tempat yang sudah disediakan.

Sebelum dilakukannya penanaman kembali, tanaman bakalan bonsai harus di cek kembali. Pastikan tanaman tetap sehat dan tidak ada hama atau penyakit yang menyerangnya.

Jika ada hama dan penyakit yang menyerang bakalan bonsai, maka bakalan bonsai tidak boleh ditanam didekat tanaman bonsai yang lain. Karena akan merusak tanaman bonsai lainnya, sebab jenis tanaman ini dapat menular dengan cepat.

Advertisement
Cara Penggalian Tunggul Tanaman Bonsai Liar | Penulis | 4.5