Cara Pembibitan Tanaman Jeruk Purut

Cara Pembibitan Tanaman Jeruk Purut – Pembibitan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam melakukan proses penanaman. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa bibit tanaman yang berkualitas baik atau unggulan, akan menghasilkan sesuatu hasil yang baik pula.

Maka dari itu, sebelum kita melakukan penanaman, sebaiknya kita harus melihat kondisi bibit tanaman yang akan di gunakan nantinya.

Advertisement

Untuk jenis bibit tanaman jeruk purut ini akan sangat mudah di dapatkan di mana saja. Biasanya para petani tanaman jeruk purut ini banyak mendapatkan bibit tanaman tersebut di tempat penjualan bibit tanaman atau di tempat toko yang menjual berbagai macam tanaman.Cara Pembibitan Tanaman Jeruk Purut

Tetapi akan lebih baiknya lagi apabila kita mendapatkan bibit tanaman tersebut dengan cara melakukan perbanyakan. Pembudidayaan tanaman jeruk purut dengan cara perbanyakan ini tentunya lebih alami, dan kualitas dari tanaman tersebut akan tetap terjaga.

Cara Pembibitan Tanaman Jeruk Purut

Biasanya para petani buah akan menggunakan perbanyakan dengan cara vegetatif dan generatif. Cara vegetatif dan generatif ini merupakan cara yang sangat mudah di lakukan oleh semua orang. Jadi bukan hanya petani saja yang dapat melakukan penanaman dengan cara perbanyakan, orang-orang biasa juga bisa melakukan cara ini.

Baca juga: Morfologi Ciri Tanaman Buah Jeruk Purut

Advertisement

Untuk tanaman jeruk purut, biasanya perbanyakan dengan cara vegetatif ini sama dengan tanaman pada umumnya. Seperti yang telah kita ketahui, jika ingin melakukan perbanyakan dengan cara ini, maka kita harus banyak menggunakan pada bagian batang bawah tanaman tersebut.

Cara vegetatif ini sebenarnya merupakan suatu teknik perbanyakan yang sangat mudah untuk di lakukan. Pasalnya teknik perbanyakan dengan cara ini, hanya dengan cara penyambungan tunas pucuk atau pun melakukan penempelan pada mata tempel.

Jika kita menggunakan cara vegetatif ini, sebaiknya kita harus menggunakan jenis tanaman jeruk purut yang memiliki batang cukup keras. Jika tidak, maka proses penanaman dengan cara teknik vegetatif ini tidak akan berjalan dengan lancar. Maka dari itu untuk cara ini harus di persiapkan batang bawah yang benar-benar dalam keadaan kuat.

Cara perbanyakan dengan teknik generatif

Cara perbanyakan dengan teknik yang satu ini mungkin terbilang tidak terlalu sulit. Karena cara perbanyakan dengan teknik generatif ini hanya dengan menggunakan biji yang terdapat di dalam buah jeruk purut tersebut. Biji yang baik biasanya banyak di dapatkan di dalam buah jeruk purut yang berkualitas baik pula.

Biji yang ada di dalam buah jeruk purut tersebut tidak boleh langsung di tanam, harus ada proses sebelum melakukan penanamannya.

Biasanya biji jeruk purut yang akan di tanam tersebut harus di keringkan terlebih dahulu, agar lendir yang ada pada biji tersebut dapat hilang.

Baca Juga: Teknik Budidaya Jeruk Purut Dalam Pot

Setelah biji tersebut kering, baru lah kita bisa melakukan penyemaiannya. Untuk melakukan penyemaian ini harus di lakukan pada lahan yang subur. Persemaian ini baru akan menghasilkan bibit yang baik jika biji tersebut telah memasuki usia 4 bulan.sekian Cara Pembibitan Tanaman Jeruk Purut semoga berguna dan bermanfaat..

Advertisement
Cara Pembibitan Tanaman Jeruk Purut | Penulis | 4.5