Cara Okulasi dan Enten Tanaman Bonsai Muda

Cara okulasi dan enten tanaman bonsai muda-Pada saat ini kita sudah bisa melakukan perbanyakan tanaman bonsai dengan cara melakukan okulasi. Perbanyakan menggunakan cara okulasi ini terbilang cukup mudah. Hanya dengan menggunakan batang tanaman saja.

Perbanyakan menggunakan cara okulasi ini dilakukan pada saat turunnya hujan. Jika dilakukan pada saat musim kemarau, batang bisa mengering dan dapat menyebabkan kegagalan.Cara Okulasi dan Enten Tanaman Bonsai Muda

Advertisement

Perbanyakan dengan menggunakan cara okulasi dapat berhasil dan berjalan dengan lancar apabila dirawat dengan baik dan benar. Perawatan yang benar dapat membantu proses perbanyakan dengan cepat.

Perbanyakan dengan menggunakan cara okulasi ini sangat berbeda dengan cara perbanyakan lain, karena perbanyakan dengan menggunakan okulasi ini lebih mudah.

Berikut ini merupakan perbanyakan tanaman menggunakan cara okulasi :

  • Hal pertama yang harus dilakukan ialah kita harus memilih jenis batang yang baik untuk dilakukannya okulasi.

  • Jenis batang yang akan di proses harus berasal dari tanaman yang sehat dan bebas dari hama.

  • Setelah kita memilih jenis batang yang bagus, selanjutnya kita harus menyayat batang tanaman, dengan sayatan melintang. Dan menyayat berbentuk vertikal di atas nya. sehingga seperti membentuk huruf Y.

    Advertisement
  • Masukkan mata tunas yang telah disiapkan kedalam batang yang sudah kita sayat tadi.

  • Setelah itu, tahap selanjutnya ialah mengikat sayatan tersebut dengan menggunakan tali. Pengikatan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena itu juga dapat memperngaruhi proses perbanyakan.

Perbanyak Bonsai Metode Enten

Enten juga merupakan jenis perbanyakan tanaman bonsai yang mudah dilakukan oleh kebanyakan orang. Enten ini sering disebut dengan sebutan sambung pucuk.Cara Okulasi dan Enten Tanaman Bonsai Muda

Cara perbanyakan dengan menggunakan enten, sama seperti dengan cara perbanyakan okulasi.

Perbedaannya hanya terletak pada bentuk sayatannya saja. Hasil dari perbanyakan menggunakan cara enten ini dapat kita lihat setelah 2 minggu dilakukan prosesenten.

Jika ingin melakukan perbanyakan dengan cara enten ini, kita harus menggunakan jenis batang yang masih muda. Karena batang yang masih muda, sudah tentu batang tersebut masih terjaga kesegarannya.

Jika ingin melakukan perbanyakan menggunakan cara enten atau dengan cara apapun, pastikan alat-alat yang digunakan untuk melakukan perbanyakan haruslah steril, sehingga dapat terjaga kebersihannya.

Advertisement
Cara Okulasi dan Enten Tanaman Bonsai Muda | Penulis | 4.5