Cara Mudah Memasarkan Atau Menjual Buah Mangga

Sistem pemasaran harus diterap kan dengan sebaik mungkin, agar tidak mengalami kerugian akibat salah penghitungan antara modal dengan keuntungannya. Sistem pemasaran mangga tersebut hanya terdapat di pasaran, biasanya para petani tidak meletakkan mangga hasil panen nya ke Supermarket.

Karena hanya mendapatkan sedikit keuntungan.Cara mudah memasarkan atau menjual buah mangga dengan sistem borong atau kita ecerkan sendiri ke pasar.

Advertisement

Biasanya para petani mangga hanya menjual hasil panenan nya ke pelanggannya saja, petani mangga tidak pernah menjual mangga nya sendiri kepasar bebas, karena pelanggan dari petani tersebut sudah berlangganan. Jika membeli mangga di tempat petani akan mendapatkan harga yang murah, dibandingkan membeli mangga di pasaran.Cara Mudah Memasarkan Atau Menjual Buah Mangga

Petani tidak mematok harga yang terlalu tinggi, itu tergantung dengan cara perawatan tanaman mangga tersebut. Jika terlalu sulit maka harga yang di tawarkan pun akan tinggi.

Bukan cuma itu saja, jika tidak lagi musim mangga, mangga akan di jual dengan harga yang mahal, karena mangga yang di peroleh cukup langka.Tetapi bila sudah musim itu akan di jual sangat murah.

Advertisement

Jika kita membeli mangga di petani, pembayaran dilakukan dengan uang tunai, langsung membayar ke petani.

Pedagang Pasar induk

Biasanya pedagang di pasar induk atau sering di sebut pasar besar medapat dagangan mangganya dari agen mangga, pedagang pasar induk menjual mangga sesuai dengan modal awalnya. Setiap harinya agen buah mangga tidak mematok harga yang sama, setiap hari harga berbeda-beda.

Pedagang pasar induk harus pandai-pandai mengolah harga mangga tersebut agar tidak mengalami kebangkrutan.

Sistem pembelian mangga antara pedagang pasar induk dengan agen menggunakan sistem pembayaran dengan nota, maksudnya, jika seluruh dagangan habis terjual maka semua akan di tulis di nota dan akan di bayar sekaligus. pedagang pasar induk tidak merasa di rugikan, karena dia hanya menyediakan tempat berjualan saja, tidak merawat tanaman mangga.

Pedagang agen

Agen buah mangga ini mendapatkan dagangannya dari pengepul mangga, yang dimaksud pengepul mangga yaitu merupakan kaki tangan dari petani mangga, agen mangga ini berkerja menyortir mangga, dan menjualkan mangga ke pedagang pasaran lainnya.

Agen mangga ini biasanya menjual mangga kepada pedagang pasar dengan harga yang tinggi, berbeda dengan petani yang hanya menjualkan hasil panennya dengan harga yang murah.

Advertisement
Cara Mudah Memasarkan Atau Menjual Buah Mangga | Penulis | 4.5