Cara Menanam kelengkeng Dalam Pot Rasa Manis

Banyak orang yang menyukai jenis buah kelengkeng ini.selain rasanya yang manis,pas dan cocok jika buah ini di budidaya kan dalam pot untuk penghias ruangan rumah maupun dengan sengaja di konsumsi buahnya.

Cara menanam kelengkeng dalam pot rasa manis sangat berbeda jika kita menanam buah ini dalam lahan tanah terbuka.Ada rsep dan trik jitu agar buah ini mampu menghasilkan buah yang lebat tanpa mengenal siklus musim dan tentunya memiliki rasa buah yang manis.

Advertisement

Menanam kelengkeng dalam pot di tidak perlu di butuhkan sumber hara yang cukup.asalkan rajin menyiram dan di berikan pupuk NPK yang rutin dan standar,pasti akan menghasilkan buah yang banyak.Cara Menanam kelengkeng Dalam Pot Rasa Manis

Cara menanam kelengkeng dalam pot agar berbuah lebat dan rasanya manis.sebelum menanam dalam sebuah pot,alasi dasar pot dengan menggunakan Styrofoam yang tebalnya berkisar 6 CM.

Jika kesulitan untuk mencari Styrofoam,bisa di gantikan dengan menggunakan pecahan genteng ataupun pecahan batu bata dengan ketebalan sama,yaitu 6 CM.

Advertisement

Kenapa kita menggunakan pecahan genteng atau Styrofoam?? Agar nantinya saat melakukan penyiraman air tidak mengenangi pot tanaman kelengkeng tersebut.supaya air bisa mengalir sempurna keluar dari celah lapisan tersebut.

Selain itu,untuk media tanaman kelengkeng,pilih lah yang cocok untuk jenis tanaman ini.jika kurang cocok,nantinya pertumbuhan tanaman akan terhambat dan pohon tidak tumbuh dengan baik.

Media tanam untuk kelengkeng bisa berupa Tanah-pupuk kandang-Pasir atau bakaran arang dengan perbandingan 3:2:2.

Pilih pot yang sesuai dengan batang tanaman,jika batang besar,pipih pot yang besar pula,kami sarankan menggunakan Potongan drum bekas,selain awet tahan lama,drum juga akan mempermudah tumbuhnya akar dengan leluasa.

Setelah melakukan penanam bibit kelengkeng dalam pot,lakukan penyiraman sampai air keluar dari bawah pot.lakukan penyiraman 3 hari sekali saja,karena tanaman kelengkeng sedikit membutuhkan air.

Dalam waktu masa perawatan pasca pananaman bibit,sebaiknya awasi dan cegah timbulnya hama dan penyakit.jenis hama yang sering menyerang buah kelengkeng berupa Kutu Putih yang akan menyelimuti Dompolan buahnya.

Untuk mengatasi hama dan penyakit,lakukan penyemprotan secara berkala maksimal 15 hari sekali dengan larutan fungisida atau bisa juga membersihkan kutu tersebut dengan mengunakan sikat gigi.

nah,jika hama ini sudah menyerang tanaman terlalu parah baik pada daun dan buahnya,sebaiknya potong saja,rating daun yang terserang tersebut.dengan melakukan pemotongan atau Grafting,nantiya akan tumbuh tunas baru yang lebih bagus dan segar.

Advertisement
Cara Menanam kelengkeng Dalam Pot Rasa Manis | admin | 4.5