Cara Menanam Cabai Rawit Dalam Pot Polybag

Cara Menanam Cabai Rawit Dalam Pot Polybag – Menanam Cabai rawit merupakan salah satu tanaman yang dapat hidup 3 sampai 4 tahun. Oleh karena itu, cabai rawit juga sering disebut tanaman yang mempunyai umur panjang.

Dengan demikian, cabai rawit adalah salah satu budidaya tanaman yang menjanjikan. Dalam kehidupan manusia, tidak terlepas dari yang namanya cabai rawit. Tanaman yang satu ini sering dipakai sebagai bumbu masakan.

Advertisement

Seperti yang kita ketahui, cabai rawit adalah tanaman yang berumur panjang, maka dalam pembudidayaannya harus benar-benar diperhatikan.

Salah satunya adalah masalah pemupukannya. pemupukan cabai rawit ini harus dalam jumlah banyak, berbeda dengan cabai merah tentunya.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam budidaya cabai rawit :

Persiapan Lahan Proses Penanaman Cabai Rawit pot polybag

Hal yang harus diperhatikan dalam budidaya cabai rawit adalah persiapan lahan dalam proses penanaman. Penanaman dapat dilakukan di lahan yang kering dan basah. Jika dilakukan di lahan yang kering, sebaiknya tanah harus dibajak/dicangkul lebih dalam yaitu sekitar 40-50 cm.  Sedangkan jika ditanam di lahan basah, cukup dibajak/dicangkul sedalam 20-30 cm.

Proses Persemaian benih cabai rawitCara Menanam Cabai Rawit Dalam Pot Polybag

Dalam proses persemaian cabai rawit, benih yang dibutuhkantiap hektarnya adalah sekitar 120-130 g. Kemudian yang kita lakukan adalah menabur benih di atas media semai, biasanya media semai dapat kita buat dari campuran pupuk kompos dan tanah.

Setelah kita tabur diatas media semai, tutuplah dengan tanah yang tipis, siramlah dan kemudian ditutup dengan menggunakan daun pisang.baca juga Cara Menanam Daun bawang Pot Polybag Rumahan

Pemeliharaan harian cabai rawit pot polybag

Advertisement

Pemeliharaan merupakan tahap yang paling banyak harus kita kerjakan. Setelah proses penanaman dan persemaian telah dilakukan, hal selanjutnya adalah penyulaman terhadap bibit-bibit yang mati. Penyulaman dapat dilakukan 1-2 minggu setelah tanam.

Setelah proses penyulaman dilakukan, langkah selanjutnya adalah proses penyiraman. Tujuan dari penyiraman ini adalah tanaman tidak kekeringan saat musim kemarau tiba.

Sebaiknya tanaman cabai rawit diberi mulsa plastik hitam agar berkurangnya pertumbuhan hama dan juga untuk menjaga kelembapan tanah itu sendiri.

Proses selanjutnya adalah pemupukan. Pemupukan disini haruslah disesuaikan dengan kondisi lahan. Pupuk yang kita gunakan disini adalah pupuk kandang, urea dan KCI.

Setelah proses pemupukan pertama selesai, dilanjutkan dengan pemupukan susulan. Biasanya pemupukan susulan diberikan saat tanaman cabai rawit berumur sekitar 1 1/2 bulan.

Disini juga akan dijelaskan kenapa pupuk susulan perlu di lakukan, karena cabai rawit adalah salah satu tanaman yang berumur panjang, maka pemupukan susulan sangatlah diperlukan agar produksinya terus bertahan.

Panen dan Pasca Panen cabai rawitCara Menanam Cabai Rawit Dalam Pot Polybag

Inilah saat-saat yang sangat ditunggu oleh pembudidaya cabai rawit, proses panen. Dalam proses panen ini dapat diketahui apakah kita mengalami keuntungan atau kerugian.

Dalam proses panen ini, sebaiknya tanaman cabai rawit yang busuk dibuang, agar tidak menular tanaman cabai rawit yang lainnya.

Dan kemudian cabai rawit yang bagus dapat langsung disimpan dalam karung dan simpanlah di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang cukup baik.demikian tata cara menanam cabai rawit dalam pot polybag dan di lahan terbuka,semoga bisa berguna dan membantu..Artikel terkait Cara Menanam Cabai Merah Pot Polybag

Advertisement
Cara Menanam Cabai Rawit Dalam Pot Polybag | penulis penulis | 4.5