Cara Menanam Budidaya Timun Rumahan

Cara Menanam Budidaya Timun Rumahan – Budidaya Timun ini merupakan suatu jenis tanaman yang paling sering di tanam di sekitar pekarangan rumah. Selain itu untuk jenis tanaman yang satu ini juga dapat di gunakan sebagai tanaman hias untuk sekitar pekarangan rumah.

Bukan hanya itu saja, agar tanaman timun ini dapat berkembang dengan baik, maka kita harus menempatkannya di lokasi yang memiliki tingkat kesuburan tanah yang tinggi.

Advertisement

Jika menginginkan hasil panen yang baik, maka ada baiknya jika kita melakukan penanaman ini di tempat lokasi yang beriklim sejuk seperti di sekitar daerah pegunungan.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa untuk jenis tanaman timun ini tidak dapat di tanam di dalam pot atau wadah, melainkan hanya dapat di tanam di lokasi lahan yang luas.Cara Menanam Budidaya Timun Rumahan

Cara Menanam Budidaya Timun Rumahan

Persemaian benih timun unggul

Biasanya jika benih tanaman timun ini sudah mulai berkecambah, maka hal yang dapat di lakukan selanjutnya ialah memindahkan benih tersebut ke dalam pot atau wadah yang telah di sediakan sebelumnya.

Jika kita tidak menginginkan wadah atau pot sebagai tempat pemindahan benih yang telah berkecambah. Maka kita dapat memindahkan benih tersebut ke tempat yang lebih luas, seperti lahan perkebunan yang telah di sediakan.

Pengolahan tanah untuk media timun

Dalam hal melakukan penanaman, hal yang paling di pentingkan tersebut ialah melakukan pengolahan tanah. Pengolahan tanah ini memang sangat baik apabila di olah dengan cara mencampurkan pupuk kandang pada tanah tersebut.Baca juga Budidaya Menanam Labu Siam Dilingkungan Rumah

Selain itu pembuatan bedengan pada lahan di sekitar tempat penanaman juga harus di terapkan dengan baik, agar pada saat penanaman nanti tidak terjadi kesalahan.

Advertisement

Penanaman timun terbaik

Setelah pengolahan tanah selesai di lakukan, maka hal yang dapat kita lakukan selanjutnya ialah melakukan penanaman.

Penanaman ini biasanya dapat di lakukan seperti halnya kita melakukan penanaman pada tanaman lainnya. Seperti melakukan penanaman pada 4 benih tanaman timun pada satu lubang tanaman.

Pemupukan bagus untuk timun segala usia

Seperti tanaman pada umumnya, pemupukan ini merupakan sesuatu hal yang paling penting dan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan tanaman mentimun nantinya. Karena tanpa adanya pupuk, tanaman mentimun ini tidak dapat berkembang dengan baik.Artikel terkait Teknik Budidaya Menanam Sayuran Oyong Gambas

Biasanya pupuk yang di gunakan dalam melakukan penanaman pada tanaman mentimun ini ialah sejenis pupuk urea pupuk kandang dan pupuk NPK. Dari semua jenis pupuk tersebut dapat langsung kita berikan sesuai dosis dan ketentuan yang telah di terapkan sebelumnya.

Pemeliharaan harian supaya sehat subur

Pemeliharaan yang di lakukan pada tanaman ini cukup sedikit berbeda dengan jenis tanaman sayur lainnya. Seperti halnya jenis tanaman ini harus menggunakan mulsa pada setiap proses penanamannya.

Pemberian mulsa ini juga berfungsi agar buah dari tanaman tersebut tidak mudah membusuk dan juga tidak mudah terserang hama maupun penyakit.

Bukan hanya itu saja, untuk pemeliharaan ini juga dapat di lakukan seperti melakukan penyiraman, pemupukan dan penyiangan. Pemeliharaan atau yang sering di sebut dengan nama perawatan ini harus di lakukan secara rutin dan juga harus di lakukan dengan baik.

Untuk hasil sempurna dan tanaman timun budidaya terhindar dari hama dan penyakit,maka secara rutin juga memerlukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida kusus yang banyak di jual di toko perkebunan.demikian baca juga Menanam Sayur Paria Pare Di Pekarangan Rumah

Advertisement
Cara Menanam Budidaya Timun Rumahan | penulis penulis | 4.5