Cara Menanam Budidaya Sayur Katuk

Cara Menanam Budidaya Sayur Katuk  – Tanaman katuk ini merupakan jenis tanaman sayur yang paling banyak di budidayakan di sekitar area pekarangan rumah. Biasanya untuk jenis tanaman ini tidak memilih lokasi untuk tempat tinggalnya, karena jenis tanaman katuk ini dapat tumbuh di mana saja.

Biasanya orang-orang banyak memanfaatkan tanaman sayur katuk ini sebagai bahan dasar pembuatan olahan makanan, pewarna makanan alami, dan juga dapat di jadikan sebagai lalapan makan.

Advertisement

Biasanya untuk jenis tanaman sayur katuk ini hanya di budidayakan sebagai usaha sampingan saja, maksudnya kebanyakan orang tersebut tidak menjadikan tanaman katuk ini sebagai usaha utamanya.

Cara Menanam Budidaya Sayur Katuk

Cara Menanam Budidaya Sayur Katuk

Untuk jenis tanaman sayuran katuk ini biasanya tidak terlalu memberikan persyaratan dalam hal melakukan penanamannya.

Yang paling di utamakan dalam melakukan penanaman katuk ini ialah melakukan penanaman di sekitar lingkungan pekarangan. Jika kita melakukan penanaman di sekitar pekarangan rumah, maka tanaman tersebut akan mudah sekali berkembang.Baca Juga Teknik Budidaya Menanam Sayuran Oyong Gambas

Persiapan lahan untuk sayuran katuk

Sebelum melakukan penanaman, ada baiknya jika kita melakukan persiapan lahan tanaman terlebih dahulu. Biasanya lahan yang di persiapkan untuk melakukan penanaman ini ialah melakukan pembedengan dan melakukan sistem pemagaran.

Sebelum kita melakukan pembedengan, maka ada baiknya jika kita melakukan penggeburan dan melakukan pencangkulan terlebih dahulu. Penggemburan ini bertujuan agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik tanpa adanya hambatan.

Advertisement

Penanaman Sayur katuk di pot dan polybag

Dalam melakukan penanaman pada jenis tanaman katuk ini biasanya agak sedikit berbeda dengan cara melakukan penanaman tanaman pada umumnya. Untuk jenis tanaman sayuran katuk ini biasanya dapat di perbanyak dengan cara melakukan vegetatif dan cara stek batang.

Biasanya untuk melakukan penanaman ini hanya menggunakan pupuk urea sebagai penambah kesuburan tanaman katuk. Pupuk urea ini biasanya dapat di berikan sesuai dengan jenis tanaman tersebut.Artikel terkait Menanam Sayur Paria Pare Di Pekarangan Rumah

Pemeliharaan harian daun katuk

Untuk jenis tanaman katuk ini sepertinya tidak terlalu sulit dalam melakukan pemeliharaannya. Tanaman ini juga akan tetap tumbuh apabila tidak di lakukannya pemeliharaan secara lanjut.

Jika kita ingin melakukan pemeliharaan pada tanaman katuk ini, kita dapat melakukannya dengan cara melakukan penyiraman, pemupukan dan juga penyiangan.

Untuk jenis tanaman ini biasanya dapat menghabiskan pupuk sekitar 20 kg. Tetapi untuk pemberian pupuk ini hanya di lakukan sekitar satu bulan sekali. Bukan hanya itu saja, pupuk urea yang di berikan pada tanaman katuk tersebut harus di campurkan dengan menggunakan pupuk kandang.

Tetapi untuk jenis pupuk kandang ini tidak boleh di berikan terlalu banyak, karena pada dasarnya jenis pupuk kandang ini bersifat panas sehingga tidak baik apabila di berikan terlalu berlebihan.

Selain itu pemeliharaan yang di lakukan untuk jenis tanaman katuk ini ialah melakukan pengendalian organisme pengganggu tumbuhan.

Pengendalian ini sangat di terapkan, agar tanaman katuk tetap selalu terjaga terhadap serangan hama maupun serangan penyakit pada tanaman.mungkin hanya ini saja tulisan untuk siang kali ini mengenai cara menanam dan budidaya sayur katuk di pot dan polybag,semoga bisa berguna dan bermanfaat.baca juga Cara Menanam Budidaya Timun Rumahan

Advertisement
Cara Menanam Budidaya Sayur Katuk | penulis penulis | 4.5