Cara Menanam Budidaya Kentang Pot Polybag

Cara Menanam Budidaya Kentang Pot Polybag – Tanaman kentang merupakan salah satu tanaman yang sangat menguntungkan petani di Indonesia. Kenapa demikian? Karena kentang merupakan tanaman yang diekspor ke berbagai negara.

Tanaman ini dapat bertahan lama setelah dipanen, dan merupakan tanaman yang tidak mudah rusak dan busuk serta merupakan sumber protein, kalori dan vitamin.

Advertisement

Syarat tumbuhnya tanaman kentang

Tanaman kentang ini sangat cocok sekali jika ditanam di dataran tinggi. Sebaiknya penanaman tanaman ini dilakukan jangan saat musim kemarau, kenapa demikian? dikarenakan tanaman kentang ini sangat membutuhkan curah hujan yang cukup dan intensitas cahaya yang cukup pula.Cara Menanam Budidaya Kentang Pot Polybag

Lahan yang dipakai pun sebaiknya bertekstur gembur.Baca Juga Cara Menanam Daun bawang Pot Polybag Rumahan

Pengolahan Tanah dan Pemilihan Lahan

Seperti yang kita ketahui bersama, tanah yang digunakan dalam penanaman tanaman kentang sebaiknya tanah gembur, dan usahakan untuk membuat sumur di dekat tempat budidaya kentang tersebut.

Hal tersebut dikarenakan, agar saat musim kemarau tiba, tidak repot dalam memenuhi kebutuhan air bagi tanaman kentang.

Proses Pemupukan dan Penanaman

Pupuk yang digunakan dalam tanaman kentang ini adalah pupuk kandang. Cara pemupukan adalah dengan ditaburkan diatas tanah secara merata agar semua tanaman terpenuhi pupuknya.

Sangat dianjurkan agar bibit yang ditanam diletakkan dengan mata tunas menghadap ke atas.

Selain pupuk kandang, tanaman kentang juga sangat membutuhkan pupuk buatan, diantaranya Urea, TSP, KCI dan ZA.

Pemeliharaan Tanaman kentang pot polybag harian

Advertisement

Sebaiknya penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan saja. Jika tanaman baru berumur muda, sebaiknya harus dicukupkan kebutuhan airnya.

Sebaiknya tanaman kentang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Hal tersebut untuk menghindari buruknya kualitas tanaman yang kita sedang kita tanam.Baca juga Cara Menanam Cabai Merah Pot Polybag

Cara pengendalian Organisme pengganggu tumbuhan

Banyak sekali organisme yang dapat merusak tanaman kentang, jika tidak segera dimusnahkan maka akan berdampak buruk untuk budidaya tanaman kentang.

Berikut adalah beberapa cara pengendalian organisme pengganggu tumbuhan diantaranya:

  1. Menggunakan pestisida
  2. Menggunakan border
  3. dan menggunakan musuh alami

Umur waktu kentang Bisa panen

Untuk melihat apakah kentang sudah dapat dipanen adalah dengan cara melihat daunnya, jika daunnya berwarna kekuningan maka kentang tersebut sudah dapat dipanen. Biasanya para petani akan memanen dalam waktu 70-80 hari setelah dilakukan proses penanaman.

Pada saat panen, sebaiknya pisahkan kentang sesuaiukuran. Selain itu pisahkan juga kentang yang berkualitas jelek.Cara Menanam Budidaya Kentang Pot Polybag

Masukkan kentang yang berkualitas bagus ke dalam karung, keranjang atau pun kotak, agar kentang dapat dengan mudah diangkat dan disimpan untuk sementara waktu.

Apabila kentang tadi tidak langsung dipasarkan, sebaiknya disimpan pada suhu dingin agar kualitas kentang tidak menurun, tidak busuk, dan juga untuk mempertahankan kualitas.

Banyak sekali olahan yang dapat dibuat dari kentang ini. Salah satu yang paling mendunia adalah keripik kentang yang tidak diragukan lagi rasanya.Tulisan terkait Cara Menanam Cabai Rawit Dalam Pot Polybag

Advertisement
Cara Menanam Budidaya Kentang Pot Polybag | penulis penulis | 4.5