Cara Menanam Apel Putsa Didalam Pot Manis

Cara menanam apel putsa didalam pot manis-Tabulampot apel kebanyakan orang menyebutnya,memang buah apel paling banyak di sukai orang karena rasa buah yang manis serta banyak memiliki kandungan vitamin yang melimpah baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Tabulampot apel putsa merupakan tabulampot yang jarang ditemui di daerah yang mengalami kekeringan. Karena tabulampot apel putsa bertahan hidup di tempat yang berdataran tinggi, bersuhu sejuk, dan bertanah lembab.

Advertisement

Menanam Tabulampot apel putsa juga dapat di jadikan hiasan rumah, karena tabulampot apel putsa ini memiliki bentuk yang menarik, sehingga bagus dijadikan pajangan rumah.Cara Menanam Apel Putsa Didalam Pot Manis

Cara penanaman tabulampot apel putsa sangat lah mudah, penanaman nya hampir sama seperti menanam apel biasa, perbedaannya hanya terletak pada keindahan apel putsa. Jika ingin mengetahui teknik penanaman tabulampot, lihatlah cara-cara berikut ini:

Teknik penanaman

Advertisement
  • Teknik penanaman pada tanaman apel putsa yang pertama ialah sediakan pot yang sesuai ukuran tanaman, ukuran potnya tidak di tentukan.
  • Pada bagian bawah pot harus di lubangi, agar ketika dilakukannya penyiraman, air akan keluar melalui lubang tersebut. Jika tidak di lubangi, air akan mengapung didalamnya, dan lama-kelamaan bakteri mudah hinggap di dalamnya.
  • Campurkan media tanam dengan tanah berlempung pasir, kemudian di campurkan dengan pupuk kandang dan pupuk kompos, dengan perbandingan sama rata.
  • Setelah itu, pasang kayu penyangga untuk menyangga tanaman apel, agar tabulampot apel putsa dapat tumbuh tegak.
  • Yang terakhir adalah penyiraman, penyiraman harus dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

Tabulampot apel putsa berbuah hanya 1 tahun sekali saja, itu pun kalau cuaca di sekitarnya bagus, jika tidak bagus tanaman apel putsa dapat berbuah mencapai 2 tahunan. Untuk perawatan tabulampot apel putsa, sama saja dengan perawatan tanaman lainnya, yaitu pemupukan, penyiraman dan pemangkasan.

Pupuk yang digunakan untuk tanaman tabulampot apel putsa yaitu pupuk kandang, pupuk kompos dan sedikit NPK.

Pupuk tersebut diberi dalam waktu dua minggu sekali, Pupuk diberikan sesuai dosis yang telah di anjurkan. Setelah itu perawatan yang mesti dilakukan adalah penyiraman, penyiraman yang baik, dilakukan 3 kali dalam sehari, yaitu pada waktu pagi, sore dan malam,

Selanjutnya yaitu pemangkasan, pemangkasan dilakukan setiap 6 bulan sekali, ini dilakukan untuk  merangsang pertumbuhan cabang baru, sehingga tanaman dapat menghasilkan buah yang lebih banyak lagi.

Harus diingat, setelah 4 tahun masa penanaman, pot tanaman tersebut harus di ganti, agar tanaman dapat berkembang lebih luas lagi.

Advertisement
Cara Menanam Apel Putsa Didalam Pot Manis | Penulis | 4.5