Cara Menanam Anggur Secara Semi Organik

Cara Menanam Anggur Secara Semi Organik – Dalam melakukan proses penanaman tanaman anggur, memang banyak cara yang harus di lakukan. Cara yang baru-baru ini di lakukan ialah menanam anggur dengan semi organik. Yaitu melakukan penanaman dengan memanfaatkan sisa-sisa limbah basah yang berasal dari dapur.

Memanfaatkan sisa-sisa limbah ini, biasanya di gunakan sebagai pupuk tanaman yang alami. Jika kita menggunakan sisa-sisa limbah ini sebagai pupuk tanaman, maka hasil dari pemanenan akan lebih bagus dan berukuran lebih besar dari yang biasanya, sebab pupuk yang di gunakan tersebut berasal dari bahan yang alami.Cara Menanam Anggur Secara Semi Organik

Advertisement

Seperti yang telah kita ketahui bahwa semua yang berasal dari bahan organik akan lebih baik atau lebih sehat. Mungkin pupuk yang berasal dari bahan organik ini lebih berbau di bandingkan dengan yang lainnya. Tetapi untuk kualitas tentunya produk organik ini lebih baik di bandingkan dengan yang lainnya.

Manfaat limbah sisa dapur Anggur

Seperti biasanya orang-orang tidak banyak yang mengetahui bahwa limbah sisa dapur ini dapat mengandung manfaat yang lebih besar untuk jenis tanaman anggur. Jika anda sudah mengetahuinya, maka kita harus memanfaatkan limbah sisa dapur ini dengan sangat baik.

Baca Juga: Hama dan Penyakit Pada Tanaman Anggur

Advertisement

Salah satu manfaat dari limbah sisa dapur ini ialah kita dapat mengurangi biaya pengeluaran untuk melakukan pembelian pupuk. Tetapi limbah sisa dapur ini juga harus sedikit di campur dengan jenis pupuk lainnya agar efek subur tetap terlihat pada tanaman anggur tersebut.

Biasanya limbah sisa dapur ini dapat di campur dengan jenis pupuk cair bokashi setiap sebulan sekali. Jika ingin melakukan penyiraman pada tanaman anggur ini, kita juga bisa menggunakan bekas cucian beras sebagai pengganti air siraman lainnya.

Air siraman yang berasal dari bekas cucian beras ini akan menimbulkan dampak yang baik untuk jenis tanaman anggur. Penyiraman ini biasanya di lakukan seperti layaknya kita melakukan penyiraman pada tanaman lainnya, yaitu dua kali dalam satu hari, pada waktu pagi dan sore hari.

Tetapi perlu anda ketahui, bahwa limbah sisa dapur tersebut tidak bisa langsung di gunakan sebagai pupuk tanaman. Sisa limbah yang akan di gunakan tersebut sebaiknya harus di fermentasikan terlebih dahulu. Setelah limbah sisa dapur tersebut di fermentasikan, barulah sisa-sisa limbah tersebut dapat di gunakan sebagai pupuk.

Rekayasa media tanam Anggur

Selain dari manfaat limbah sisa dapur, ada juga yang namanya rekayasa media tanam. Rekayasa media tanam ini juga berfungsi untuk menghemat biaya pengeluaran. Media tanam yang di buat pun tidak menggunakan bahan yang memakan biaya yang cukup mahal.

Rekayasa media tanam yang dapat di buat tersebut dapat berupa seperti :

  • Kotoran kambing
  • sekam bakar
  • pisang
  • dan molases
  • Jerami

Baca Juga: Upaya Pencegahan Penyakit Pada Anggur

Jika semua bahan telah di kumpulkan, baru lah kita bisa mencampurkan rekayasa media tanam tersebut.Mungkin hanya ini saja Cara Menanam Anggur Secara Semi Organik semoga berguna dan bermanfaat..

Advertisement
Cara Menanam Anggur Secara Semi Organik | Penulis | 4.5