Cara Menanam alpukat Dalam Pot Manis

Cara menanam alpukat dalam pot manis-Selain buah yang terkenal seperti mangga,jeruk,jambu air,teryata tanaman buah alpukat juga bisa untuk kita tanam dalam sebuah pot.teknik penanam buah alpukat dalam pot juga tergolong mudah dan tak membutuhkan peralatan serta teknik kusus..

Tabulampot alpukat manis banyak di temui di tempat-tempat yang daerahnya bersuhu dingin.  Karena tabulampot alpukat rentan apabila ditanam di tempat yang bersuhu panas.

Advertisement

Tabulampot alpukat berbuah sangat cepat sekitar setahun sekali sudah berbuah, tetapi yang sulit hanyalah cara penanamannya saja.Cara Menanam alpukat Dalam Pot Manis

Agar penanaman dapat tumbuh dengan baik dan optimal kita harus mengutamakan penanaman pada bibit yang baik dan berkualitas bagus, sangat tidak dianjurkan untuk menanam tabulampot alpukat dengan menggunakan bibit biji buah alpukat, itu dapat menimbulkan pertumbuhan yang tidak bagus.

Cara penanaman nya sulit,sama saja dengan cara melakukan penanaman tanaman mangga, tetapi apabila sudah paham dengan tanaman, pasti akan menganggapnya sangat mudah, jika ingin mengetahui cara penanamannya, ikutilah langkah-langkah berikuti ini:

  • cara menanamnya cukup dengan menggunakan pot besar, karena tanaman alpukat ini akan tumbuh membesar, sehingga membutuhkan tempat akar yang sangat besar. kira-kira membutuhkan diameter 40 cm dengan ketinggian 45 cm.

    Advertisement
  • Selanjutnya, isi media tanam menggunakan tanah bakar yang sudah dicampur dengan pasir dan pupuk kandang, serta pupuk jenis kimia lainnya. Perbandingan yang di anjurkan yaitu berbanding sama rata dengan tanahnya.

  • Biasanya, kita harus melakukan penanaman tersebut pada malam hari, karena pada malam hari suhu udara dingin sehingga tanaman dapat tumbuh dengan subur. Ini dilakukan karena tanaman tersebut memang menyukai udara yang dingin dan lembab.

  • Setelah melakukan penanaman tersebut, tahap selanjutnya yang kita lakukan adalah penyiraman dan pemupukan secara teratur setiap harinya, penyiraman dan pemupukan dilakukan harus sesuai dosis yang di anjurkan.

  • Selain itu, kita harus melakukan pemangkasan setiap 3 bulan sekali agar tanaman tidak mudah terserang hama dan penyakit, dan jangan lupa semprotkan juga cairan pestisida secara teratur.

Perawatannya tanaman juga harus diperhatikan, seperti pergantian pot. Pergantian pot harus dilakukan setiap 2 tahun sekali, karena tanaman alpukat ini cepat tumbuh membesar sehingga membutuhkan ruang pot yang lebih besar dari yang sebelumnya.

Selain perawatan tanaman, kita juga harus rutin mencegah terjadinya hama dan penyakit dengan cara melakukan pergantian media tanam yang dapat dilakukan setiap 4-6 tahun sekali.

Advertisement
Cara Menanam alpukat Dalam Pot Manis | Penulis | 4.5