Cara Memperbanyak Bibit Pepaya Unggul

Cara Memperbanyak Bibit Pepaya Unggul – Untuk jenis tanaman buah pepaya dapat di budidayakan di tempat mana pun. Jenis tanaman yang satu ini dapat di tanam di mana saja, asalkan tempat lokasi penanaman tersebut bersifat lembab dan tidak kering.

Jenis tanaman buah yang satu ini tidak memilih tempat penanaman, seperti dataran tinggi atau pun dataran rendah. Tetapi jika jenis tanaman pepaya ini terlanjur di tanam di tempat yang kering, maka sebaiknya kita harus terus melakukan penyiraman agar tidak terjadinya kekeringan.

Advertisement

Jika jenis tanaman ini di tanam di lokasi lahan yang subur dan kelembapan tanah terjaga, maka kualitas buah yang di hasilkan nantinya akan sangat baik. Ukuran buah yang di hasilkan pada tanaman tersebut nantinya akan lebih besar bila tempat yang di gunakan memiliki tingkat kesuburan yang tinggi.Cara Memperbanyak Bibit Pepaya Unggul

Biasanya untuk jenis tanaman pepaya ini harus di tempatkan di lahan yang terbuka luas, agar saat proses penanamannya dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Di tempat lahan yang terbuka ini tanaman pepaya dapat menyerap sinar matari dengan baik, sehingga pertumbuhannya semakin baik.

Cara Memperbanyak Bibit Pepaya Unggul

Seperti yang telah di ketahui sebelumnya, bahwa untuk cara melakukan perbanyakan pada tanaman pepaya ini harus menggunakan biji yang berasal dari buah pepaya itu sendiri. Buah pepaya yang di gunakan sebagai biji perbanyakan ini pun harus berasal dari buah pepaya yang sudah matang di atas pohon.

Advertisement

Buah pepaya yang telah matang tersebut bisa langsung di petik, setelah itu jemur biji yang ada di dalam buah pepaya tersebut. Penjemuran ini di lakukan sampai biji buah pepaya tersebut mengering.

Setelah biji pepaya tersebut mengering, kita bisa langsung melanjutkan penyemaian biji-biji tersebut di tempat media tanam yang telah kita persiapkan sebelumnya. Untuk penyemaian ini sebaik di lakukan di dalam polybag.

Penyemaian biji pepaya di dalam polybag ini bertujuan agar bibit tanaman dapat berkembang dengan baik dan sempurna. Setelah bibit tumbuh dengan membesar, bibit baru bisa di pindahkan ke tempat lainnya.

Bibit yang telah tumbuh ini harus di seleksi kembali, agar penanaman yang di lakukan nantinya tidak mengalami masalah.  Bibit yang telah tumbuh tersebut dapat di pindahkan ketempat yang lebih luas lagi, lubang yang harus di siapkan untuk melakukan penanaman ini harus mencapai kedalaman yang cukup dalam agar  tanaman tersebut dapat tumbuh dengan sangat kuat dan kokoh.

Setelah bibit di masukkan ke dalam lubang yang telah di sediakan, selanjutnya hal yang harus kita lakukan ialah memberikan pupuk kandang dengan dosis yang tepat. Pemilihan pupuk kandang sebagai pupuk tanaman pepaya ini merupakan suatu hal yang sangat tepat.

Baca Juga: Syarat Tumbuh Tanaman Buah Pepaya

Karena pada dasarnya pupuk kandang ini memiliki tingkat kesuburan yang sangat tinggi di bandingkan jenis pupuk lainnya. Bukan hanya pemupukan, penyiraman juga harus di lakukan secara rutin.demikian Cara Memperbanyak Bibit Pepaya Unggul semoga bisa membantu dan berguna..salam..

Advertisement
Cara Memperbanyak Bibit Pepaya Unggul | penulis penulis | 4.5