Cara Memisahkan Anak Tunas Tanaman Hias

Banyak tanaman hias yang memiliki anakan atau anak tunas.sebagai contoh,tanaman hias bunga yang memiliki anakan tersebut adalah bunga Aglaonema yang umumnya anaknya tumbuh Bergerombol di bawah induknya.Cara memisahkan anak tunas tanaman hias sangat perlu di hatikan,agar anakan serta induk tanaman yang akan kita ambil Tunasnya tersebut tidak mengalami kematian.

Tanaman hias yang memiliki tunas anakan,pada dasarnya ia tidak bisa di perbanyak dengan cara Semai biji,Tidak memiliki biji tunas,dan hanya bisa kita perbanyak dengan cara memisahkan anaknya,Setek batang dan Grafting.

Advertisement

Dengan kita mengambil bibit tanaman hias yang banyak tumbuh di sekitar induknya tersebut,80% anakan tersebut akan mengalami pertumbuhan serta daya hidupnya yang lebih tunggi di banding jika kita melakukan stek batang dan Okulasi.

Namun tak jarang banyak kalangan pencinta tanaman hias kebingungan untuk memisahkan anakannya.sebab banyak juga yang mengalami kematian,jika tidak anaknya,maka induknya ynag mati,ini juga sering dan lumrah terjadi.

selain  mesisahkan anakan,adajuga cara lain degan cara Indukasi anakan.banyak tanaman hias yang sangat sulit untuk menghasilkan anakan utuk kita perbanyak.maka dengan cara induksilah kita hanya bisa memperbanyak anakan tanaman tersebut.Cara Memisahkan Anak tunas Tanaman Hias

Induksi tanaman adalah cara membuat induk tanaman tersebut stres,dengan membuat tanaman yang akan kita perbanyak Stres,maka induk dari tanaman tersebut mampu menghasilkan anakanya.memang agak sedikit aneh jika anda baru saja membaca tulisan ini.

Advertisement

Dengan membuat tnaman stres secara alami,dalam keadaan tersebutlah induk tanaman akan melakukan reproduksi anakan serta akan mampu menghasilkan keturunanya yaitu berupa anakan.jenis dari reproduksi yang di hasilkan dari induk tanaman hias bisa saja berupa biji maupun anakan.

Jika tanaman tersebut tidak mengeluarkan biji,reproduksi yang akan di hasilkan yaitu berupa anakan setelah anakan tersebut stres.kita bisa mengambil satu tanaman hias yaitu berupa Aglaonema. jika tanaman tersebut batang kita tusuk menggunakan tusuk gigi,maka bisa di pastiakan indukan Aglaonema tersebut akan menghasilakan anakan dalam kurun waktu 4 minggu.Jika kurang yakin,bisa di tes di rumah anda.

Beberapa kendala yang sering kita temukan di dalam memisahkan anakan serta cara mengatasinya.

Akibat anakan mati setelah di pisah.

  • Anakan tanaman tersebut masih terlalu muda.
  • Kurang memiliki kelembapan serta sedikitnya unsur hara yang ada pada media tanaman tersebut.
  • Tempat kita menanam tau media tanam tidak seteril terhadap hama,virus dan penyakit.
  • Anak tanaman tersebut tidak sehat.

Cara mengatasinya.

  1. Ambilah anakan yang relatif memiliki umur dengan di tandai adanya 2/4 daun.
  2. Air pada anakan yang akan di pisahkan cukup.tidak kekurangan dan kelebihan.
  3. Sterilkan media serta alat yang akan kita gunakan mengambil anakan tersebut dengan mencelupkan pada Fugisida.

Penyebab Busuknya Induk Tanaman ketika kita melakukan Induksi anakan/mengambil anakan.

  • Alat serta media yang di gunakan untuk melakukan induksi tanaman tanaman tidak steril.
  • Untuk keberhasilan serta tidak menyebabkan induk tanaman tidak mati,sterilkan terlebih dahulu alat yang akan kita gunakan untuk mengalmbil tanaman.
  • Jika induk serta anakan tanaman luka,segera berikan fungisida agar tidak mengundang datangnya jamur dan bekteri tanaman.

Semoga bermanfaat ya…….

 

Advertisement
Cara Memisahkan Anak Tunas Tanaman Hias | admin | 4.5